Distributor Stretch Film MKP

distributor stretch film

MKP – Multi Kemas Plastindo adalah supplier sekaligus Distributor Stretch Film yang bergerak dalam bidang plastik packaging. Distributor Stretch Film MKP bertempat di Bandung dan dapat melayani pembelian melalui laman multikemasplastindo.com.

Apa Itu Multi Kemas Plastindo?

Multi Kemas Plastindo (MKP) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi kemasan plastik, khususnya PVC, POF, PE Shrink Film, dan plastik packaging atau Shrink Film Specialist.

MKP juga menjadi distributor resmi dari PT Ultra Prima Plast (UPP) yang memiliki standar mutu dari beberapa perusahaan. Seperti PT Energizer Indonesia, Energizer Malaysia, International Chemical Indutsri Co. LTD, dan lain-lain. Produk-produk dari MKP telah mendapat sertifikat ISO 9001 : 2008, yakni standar internasional untuk manajemen mutu atau kualitas dari suatu produk.

Multi Kemas Plastindo bertempat di Jl. Bahagia Permai 1 no. 17 Kec. Buah Batu, Kota Bandung 40286 Jawa Barat.

setiap hari kerja pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Multi Kemas Plastindo juga memiliki media sosial, antara lain di laman Facebook Multi Kemas Plastindo dan laman Instagram @multikemasplastindo.

MKP sebagai Distributor Stretch Film menyediakan berbagai jenis plastik wrapping untuk kebutuhan Anda.

stretch film
distributor stretch film

Distributor Stretch Film

Di tengah meriahnya dunia wirausaha, plastik kemasan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan. Mulai dari fungsi untuk menjadi label produk, segel produk, sebagai pembungkus beberapa produk hingga menjadi pembungkus dan pelindung suatu palet produk.

Stretch film merupakan salah satu jenis plastik kemasan yang memiliki beberapa fungsi seperti yang sudah disebutkan di atas. Untuk mendapatkan jenis plastik stretch film ini, terdapat beberapa distributor yang menyediakan layanan distribusi untuk kebutuhan perusahaan maupun untuk kebutuhan individu.

Berikut ini adalah penjelasan seputar pengertian, fungsi dan jenis-jenis distributor, penjelasan stretch film dan distributor stretch film.

Pengertian Distributor

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata distributor memiliki artian sebagai orang ataupun badan yang memiliki tugas untuk mendistribusikan barang (dagangan); atau sebagai penyalur barang dagangan.

Disadur dari bisnisumkmonline.com , distributor dalam istilah ekonomi memiliki makna sebagai orang atau suatu kelompok yang memiliki fungsi untuk menyalurkan produk ke konsumen akhir.

Menurut pakar Agus Sardjono dkk. dalam bukunya yang berjudul Hukum Dagang (hal. 111-118), pedagang perantara yang diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) mencakup bursa dagang, makelar, kasir, komisioner, ekspenditur dan pengangkut.

Distributor adalah contoh pedagang perantara yang tidak termasuk dalam peraturan khusus KUHD.

Distributor dalam menjalankan tugasnya adalah membeli produk barang atau jasa ke pihak produsen yang kemudian dijual kembali ke pedagang eceran atau dijual secara langsung kepada konsumen per orangan.

distributor stretch film
distributor stretch film

Salah satu jenis plastik yang menjadi bahan distribusi adalah stretch film. Berikut penjelasannya:

Pengertian Stretch Film

Terdapat banyak jenis plastik pembungkus, salah satunya adalah stretch film. Stretch film atau yang juga dikenal sebagai stretch wrap merupakan jenis plastik film yang memiliki kelenturan dan elastisitas cukup tinggi. Biasanya berfungsi sebagai pembungkus barang.

Sebagai pembungkus barang, stretch film biasa diterapkan sebagai penyatu beberapa palet.

Plastik ini juga dapat menggabungkan beberapa barang menjadi satu muatan utuh.

Terdapat beberapa jenis stretch film, yaitu extended core stretch film, hand stretch film, static dissipative film, bundling stretch film serta machine stretch film.

Fungsi Stretch Film

Selain sebagai penyatu palet dan pembungkus barang, terdapat beberapa fungsi lain dari stretch film. stretch film. Yakni:

  • Menjaga palet dan isinya dari kontak langsung dengan debu dan kelembapan tingkat tinggi selama proses penyimpanan dan pengiriman.
  • Memperpanjang usia ketahanan dan penyimpanan jenis-jenis bahan makanan tertentu, terutama pada makanan segar atau yang mudah basi dan kadaluarsa.
  • Melindungi palet dari sengatan cahaya matahari langsung – untuk jenis stretch film dengan perlindungan UV.
  • Meningkatkan stabilitas palet atau produk. Dapat membuat kumpulan palet menjadi lebih seimbang dan dapat menanggung beban palet.
  • Membuat unit palet mudah dipindahkan dan disimpan selama proses penyimpanan dan pengiriman, terutama saat di gudang.
  • Memiliki tingkat ketahanan yang tinggi untuk melindungi palet dari berbagai penyebab kerusakan serta mengurangi tingkat pencurian paket dalam palet.

Guna memenuhi kebutuhan pasar, terdapat beberapa supplier dan distributor stretch film di Indonesia, salah satunya adalah Multi Kemas Plastindo yang dapat menjadi solusi.

Terdapat beberapa jenis plastik yang ditawarkan oleh MKP, seperti stretch film, PVC Shrink Film, PE Shrink Film, dan Supplier Cling Wrap.

Multi Kemas Plastindo adalah supplier dan distributor plastik terpercaya untuk kebutuhan retail, wholesaler dan untuk kebutuhan industri atau pabrik. MKP juga menjadi distributor resmi dari PT Ultra Prima Plast atau UPP.

Terdapat beberapa jenis stretch film yang ditawarkan, diantaranya:

Plastik Wrap Stretch Film

Memiliki karakteristik yang elastis dan dapat membuat barang terikat kuat, serta dapat melindungi barang dari berbagai penyebab kerusakan. Dapat melindungi produk dalam karton maupun palet.

Tersedia dalam roll dengan paper cone. Lebar produk 50 cm, panjang produk 300 meter dengan ketebalan 12 micron dan 17 micron. Minimal order untuk retail sebanyak 10 dus sedangkan untuk wholesaler sebesar 50 dus.

distributor stretch film
distributor stretch film

Cling Wrap

Merupakan jenis plastik kemasan tipis atau plastik film yang biasanya digunakan sebagai penutup makanan, menjaga kesegaran makanan dan mencegah makanan mudah tumpah.

Tersedia dalam roll dengan cone. Memiliki ketebalan 10 micron dengan ukuran antara 20 cm hingga 60 cm dan panjang 350 meter. Untuk mendapat harga agen, minimal order adalah 6 roll sedangkan untuk distributor sebesar 18 roll.

Multi Kemas Plastindo bertempat di Jl. Bahagia Permai 1 No. 17 Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung 40286, Jawa Barat. Untuk pemesanan, Anda dapat menghubungi MKP pada email multikemasplastindo@gmail.com, atau menghubungi nomor-nomor di bawah ini:

  • Office: +62 22 751-4190
  • WhatsApp 1: 0857-9507-8446 (Kho)
  • WhatsApp 2: 0818-788-885 (Ali)
  • WhatsApp 3: 0858-8056-7269 (Eko)

Bagaimana Proses Pembuatan Stretch Film?

Stretch film adalah jenis plastik yang lentur dan mudah direnggangkan. Daya renggangnya inilah yang biasanya digunakan untuk membungkus produk dengan kuat dan erat.

Ada berbagai macam jenis dan tipe stretch film yang bisa disesuikan dengan penggunaannya. Beberapa faktor yang membedakan adalah jenis material, ketebalan, kemampuan stretch, daya tahan, dll.

Beberapa manfaat dari stretch film adalah hemat biaya, mengurangi dampak kerusakan saat pengiriman barang, mengurangi resiko cedera karyawan, dll.

Faktanya adalah, plastik stretch film adalah salah satu penemuan terbaik di bidang industri. Tapi apa anda tahu bagaimana proses pembuatannya?

Tidak banyak orang yang tahu tentang ini, padahal mengetahui sedikit lebih dalam tentang stretch film akan dapat membantu dalam memilih produk stretch film yang terbaik. Yang pertama harus anda ketahui adalah, ada dua cara pembuatan stretch film, yaitu cast dan blown.

Kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelumnya, mari kita mulai dulu dengan pembuatan plastik film-nya.

Pembuatan film

Semua stretch film dimulai dari bahan polimer, atau yang biasa disebut dengan istilah resin. Selain bahan resin, ada juga beberapa bahan yang ditambahkan untuk jenis stretch film tertentu, seperti:

  • Pigmen: Untuk film buram atau berwarna, biasanya digunakan untuk alasan keamanan
  • Tackifier: Untuk membuat film bisa saling rekat satu sama lain
  • Anti UV: Untuk mencegah kerusakan film jika disimpan di luar ruangan

Pembuatan film ini terdiri dari proses pemanasan dan kompresi resin. Pertama-tama resin akan dicairkan pada suhu tertentu hingga tercapai viskositas atau kekentalan yang diinginkan, setelahnya baru dimasukkan ke dalam pencetak untuk dibentuk menjadi lembaran plastik.

Blown stretch film

Seperti namanya, teknik pembuatan blown stretch film adalah dengan “tiupan”. Material termoplastik dicairkan, dimasukkan ke dalam cetakan bulat hingga terbentuk seperti tabung tipis, lalu gelembung udara besar seperti balon akan ditiupkan ke dalamnya dari lubang di tengah cetakan.

Volume gelembung dan ketebalan pipa mempengaruhi ketebalan dari material stretch film yang dihasilkan. Plastik diposisikan vertikal, dan tiupan udara lain dari atas tabung akan berangsur-angsur mendinginkannya.

Keseluruhan proses ini membuat blown stretch film lebih kuat dan tahan dibandingkan cast stretch film. Karakteristik mekanik yang lebih tinggi dari blown stretch film juga membuatnya mampu menahan beban yang lebih berat.

Seringkali pada saat proses peniupan ini terjadi beberapa error seperti ujung plastik yang robek, gulungan plastik yang tergores, ataupun terjadi penumpukan pada film. Proses blown stretch film secara vertikal ini lebih kompleks dibandingkan cast stretch film, karena itulah harganya biasanya lebih mahal.

Diperkirakan sekitar 20 – 30% plastik stretch film yang beredar sekarang diproduksi dengan cara blown ini.

Blown stretch film biasanya akan terlihat lebih buram atau opaque karena ada proses kristalisasi selama proses pembuatannya. Dengan menggunakan jenis stretch film ini, produk anda tidak akan terlihat secara transparan dari luar.

Cast stretch film

Seperti namanya juga, stretch film ini dibuat dengan cara cast extrusion atau melalui cetakan. Langkah pertama adalah dengan mencairkan material termoplastik supaya bisa masuk ke dalam cetakan datar.

Resin yang sudah cair ini lalu masuk ke mesin pendingin yang membuat film menjadi keras, sama seperti proses pendinginan plastik pada blown stretch film. Terkadang film ditipiskan hingga ketebalan yang diinginkan dengan mendinginkan film lebih cepat daripada proses pencetakannya, ini disebut juga proses horizontal.

Cast stretch film lebih transparan, dan proses pembuatannya tidak serumit blown stretch film. Stretch film jenis ini bisa diaplikasikan dengan menggunakan mesin pallet wrapping atau bisa juga menggunakan tangan.

 Proses Pembuatan Stretch Film
Proses Pembuatan Stretch Film

Kesamaan

Setelah tahu proses pembuatannya, sekarang kita masuk ke kesamaan antara cast dan blown stretch film:

  • Keduanya memiliki kemampuan pre stretch yang baik dan membuat proses packaging lebih efektif
  • Keduanya bisa digunakan untuk berbagai aplikasi

Perbedaan

Blown stretch film

Blown stretch film memiliki daya tahan terhadap tusukan atau robekan dan kemampuan renggang yang tinggi, selain itu juga memiliki daya rekat yang tinggi. Saat dibuka, blown stretch film akan menimbulkan suara yang lebih banyak.

Stretch film ini akan terlihat buram sebelum di-stretch, untuk setelahnya tingkat keburamannya akan tergantung jenisnya. Blown stretch film sangat cocok digunakan untuk barang-barang yang berat ataupun yang memiliki ujung tajam.

Biaya pembuatan blown stretch film cukup mahal, sehingga biasanya harga jualnya pun sedikit mahal.

Cast stretch film

Dibandingkan dengan blown stretch film, cast stretch film ini terlihat lebih jernih dan glossy, selain itu suara yang ditimbulkan juga lebih rendah. Cast stretch film sangat cocok diaplikasikan menggunakan mesin pallet wrapping karena memiliki daya tahan yang kuat.

Karena proses pembuatannya yang lebih mudah, cast stretch film juga biasanya lebih murah daripada blown stretch film. Tapi cast stretch film memiliki daya tahan terhadap beban berat dan robekan yang lebih rendah dibandingkan blown stretch film.

Pengganti stretch film

Dengan semakin meningkatnya harga bahan, banyak produsen yang mengakali dengan membuat jenis lain stretch film yang lebih kuat tapi lebih tipis. Stretch film jenis baru ini menggunakan resin yang lebih sedikit, sehingga bisa mengurangi biaya pembuatan.

Beberapa contoh alternatif pengganti stretch film ini adalah hybrid dan micron stretch film. Keduanya juga termasuk dalam bahan ramah lingkungan sehingga bisa mengurangi sampah plastik.

Hybrid stretch film memiliki formula resin yang sangat kuat, film-nya sendiri sangat ringan sehingga tidak memiliki daya tahan akan robekan yang tinggi. Stretch film jenis ini juga tidak direkomendasikan untuk beban berat.

Micron stretch film memiliki kualitas sedang, antara hybrid stretch film dan stretch film pada umumnya. Stretch film jenis ini memiliki banyak lapisan yang menawarkan daya tahan dan daya renggang tinggi.

Selanjutnya, sebelum memutuskan jenis stretch film yang akan digunakan anda sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal seperti bentuk, jenis, dan berat barang, jenis pengiriman, prosedur penyimpanan, dan juga jangan lupa untuk memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan.

baca juga

Produsen plastik stretch film di Indonesia

Salah satu perusahaan produsen plastik terkenal di Indonesia adalah PT. Ultra Prima Plast atau PT. UPP. Pabrik yang berlokasi di Semanan, Jakarta Barat ini sudah bermitra dengan banyak distributor guna memasarkan produknya ke seluruh Indonesia.

PT.UPP sudah memiliki sertifikat ISO 9001 sehingga kualitas barang dan pelayanannya sudah terbukti. Setiap kegiatan produksi juga dikerjakan oleh teknisi yang profesional dan berpengalaman.

Beberapa produk andalan PT. UPP adalah plastik shrink film, flexible packaging (termasuk stretch film), berbagai komponen elektronik, berbagai komponen otomotif, komponen baterai, dan berbagai jenis kemasan lainnya.

Salah satu supplier dan distributor resmi stretch film Multi Kemas Platindo (https://www.multikemasplastindo.com) yang bertempat di Bandung. Pemesanan produk bisa melalui website ataupun telepon, WA, dan fax.

Ragam Jenis Plastik Wrapping Beserta Karakteristiknya

Memilih bahan plastik yang tepat untuk wrapping sangat penting diperhatikan. Apabila tidak cermat dalam memilihnya, produk yang akan dipackaging bisa berpotensi mengalami kerusakan. Terutama pada keperluan logistik dan industri yang membutuhkan waktu pengiriman cukup lama, packaging yang buruk dapat menurunkan kualitas produk.

Pengemasan produk sebenarnya tidak hanya menggunakan plastik saja. Di beberapa tempat ada pula yang menggunakan kardus atau pouch. Akan tetapi plastik dipilih sebagai bahan packaging karena memberikan lebih banyak keunggulan. Misalnya dari aspek harga, plastik relatif lebih murah daripada kardus atau pouch. Proses pengemasan plastik pun lebih praktis daripada bahan lain.

Tidak sedikit industri pabrik dan perusahaan logistik yang sangat bergantung pada plastik untuk wrapping. Ternyata, tidak sembarang plastik dapat dipakai sebagai kemasan wrapping. Anda perlu mengenali jenis dan karakteristik setiap plastik agar lebih tepat guna. Berikut beberapa jenis plastik wrapping yang paling banyak digunakan.

stretch film
distributor stretch film

Distributor Stretch Film

Plastik Stretch Film

MKP sebagai Distributor Stretch Film plastik satu ini pun banyak digunakan untuk keperluan rumah tangga, industri, hingga kegiatan logistik.

stretch film adalah Plastik jenis ini mempunyai daya rentang tinggi. Oleh karena itu, cocok dimanfaatkan sebagai bahan packaging pada produk yang ukurannya lebih besar.

Pada saat digunakan packaging, biasanya produk akan disusun terlebih dahulu pada pallet plastik sebelum akhirnya dibungkus dengan strecth film.

Karena tergolong benda beradesi kuat, maka saat menggunakan stretch film Anda tidak lagi butuh lem. Secara umum, plastik strecth film mempunyai karakteristik sebagai berikut.

Karakter Stretch Film

Stretch Film Transparansi Tinggi

Stretch film ialah jenis bahan yang memiliki transparansi tinggi, sehingga membuatnya tembus cahaya. Oleh karena itu pada saat benda diwrapping menggunakan stretch film, kalau tidak ditambahkan penutup lain, masih bisa tampak dari luar. Plastik ini cukup mengkilat saat berada di bawah sinar penerangan secara langsung.

Stretch Film Tidak Mudah Sobek

Meskipun wujudnya lemas dan fleksibel, plastik stretch film tidaklah rapuh. Justru sebaliknya, plastik ini memiliki ketahanan tinggi yang membuatnya tidak mudah sobek. Anda pun tak perlu khawatir jika hendak wrapping barang penting dengan stretch film, karena dapat mengcover permukaan secara menyeluruh.

Stretch Film Fleksibel dan Elastis

Plastik ini sangat fleksibel sehingga memudahkan ketika hendak dibentuk macam-macam mengikuti produk. Elastisitasnya yang tinggi akan semakin melar kalau plastik terus direntangkan. Ketebalan stretch film bermacam-macam, mulai dari 8 micron sampai 20 micron. Berdasarkan ukuran ini, daya rentang stretch film pun bervariasi.

stretch film
stretch film

Stretch Film Tahan Asam

Plastik ini mampu bertahan dari zat asam cukup tinggi. Stretch film juga lebih tahan dari bakteri dan kotoran. Jadi saat ada kotoran menempel pada permukaan plastik, Anda dapat segera membersihkannya dan memastikan kotoran tersebut tidak akan kembali.

Stretch Film Tahan Debu dan Air

Stretch film juga tahan terhadap debu dan air. Biasanya plastik yang mempunyai sifat mampu merekat kuat cenderung mengundang debu menempel di permukaannya. Namun stretch film tidak demikian. Bahan wrapping satu ini juga tahan air, sehingga keamanan produk yang dikemas di dalamnya lebih terjaga.

Stretch Film Dapat Mengikatkan Pallet dengan Barang

Stretch film cocok digunakan sebagai bahan yang mengikatkan antara pallet plastik dengan barang yang dikemas. Meskipun daya rekatnya kuat, stretch film tidak meninggalkan bekas yang dapat menurunkan kualitas produk (dengan catatan sebelumnya sudah dilapisi pallet plastik terlebih dahulu).

Bahan Wrapping Lainnya Dari Distibutor Stretch Film

Selain plastik, ada juga beberapa bahan lain yang lazim digunakan pada kegiatan wrapping. Salah satunya shrink band. Ada juga yang menyebutnya seal band. Sebenarnya bahan ini hampir serupa dengan shrink film jika dilihat dari proses pengaplikasiannya, yaitu dengan memanfaatkan panas. Yang membedakan adalah shrink band dapat menyegel secara keseluruhan. Biasanya shrink band sering dipakai untuk menyegel kemasan botol atau kaleng.

Dalam memilih bahan yang tepat untuk wrapping, hendaknya Anda memperhatikan karakteristiknya. Hal ini demi menjaga agar produk yang dikemas tetap dalam kualitas baik serta tidak mengalami kerusakan akibat kesalahan wrapping. Selain itu, pilihlah bahan wrapping di tempat yang sudah bereputasi baik demi menghindari bahan bermutu jelek.

Distributor Stretch Film
Distributor Stretch Film

Plastik Wrapping Terbaik di Multi Kemas Plastindo

Beberapa jenis plastik yang biasanya menjadi langganan konsumen MKP – Distributor Stretch Film adalah jenis shrink film, baik PVC, PE, maupun POF. Namun tak hanya itu, tersedia juga beragam plastik packaging lain yang kualitasnya tak diragukan lagi, karena ada jaminan garansi guna memastikan keaslian bahan.

Dalam melakukan pemesanan di MKP, terdapat ukuran minimal yang berbeda-beda tergantung jenis plastik. Supplier akan mengirimkan sesuai skala pemesanan dan kegunaan plastik yang dibutuhkan konsumen. Pembelian berskala besar berpeluang mendapatkan harga pabrik yang relatif lebih terjangkau. Selain itu bisa memproses pengiriman secara gratis di beberapa kota arus utama.

Produk-Produk Multi Kemas Plastindo

  1. PVC Shrink Film – adalah jenis plastik kemasan menyusut yang paling umum digunakan untuk pengemasan karena bobotnya yang ringan, memiliki harga yang terjangkau dan memiliki banyak kegunaan.

Karakteristik dari PVC Shrink Film adalah agak kaku dan bersifat tahan lama sehingga dapat diaplikasikan dalam berbagai barang. Seperti untuk industri kemasan, produk peralatan rumah tangga, hingga untuk proyek konstruksi.

  • PE Shrink Film Polyethylene merupakan sejenis polyolefin, yakni pembungkus monomer tunggal yang dibentuk dengan penambahan ethylene selama proses polimerisasi.

Terdapat beberapa bentuk dari jenis PE, tiga yang paling umum adalah Low-Density Polyethylene (LDPE), Linear-Low Density Polyethylene (LLDPE) dan High-Density Polyethylene (HDPE).

Multi Kemas Plastindo sendiri menyediakan jenis Linear Low Density Polyethylene (LLDPE). Kelebihan jenis ini adalah kekuatan plastik akan bertambah saat plastik menyusut, sehingga tahan untuk barang berukuran besar dan berat, seperti untuk kemasan minuman.

  • POF Shrink Film – POF Shrink (polyolefin) atau biasa dikenal dengan shrink wrap ‘premium’ yang memiliki ketahanan lama dan serbaguna. POF Shrink banyak menggantikan PVC Shrink dalam banyak aplikasi, serta termasuk bahan aman makanan yang telah disetujui oleh badan perizinan obat dan makanan di Amerika Serikat (FDA).

Jenis ini memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap tusukan dan kekuatan segel, sehingga apabila bentuk barang tidak beraturan, POF Shrink masih bisa memberikan perlindungan yang sangat baik.

  • Stretch Film  – atau yang biasa dikenal dengan plastik wrap ini merupakan jenis plastik film yang memiliki karakteristik sangat elastis dan diperuntukkan dalam membungkus barang.

Sifat elastisnya dapat membuat barang terikat erat dan terlindungi dengan baik. Stretch Film biasa melindungi produk dalam bentuk karton atau palet. Terdapat beberapa fungsi dari Strecth Film, antara lain:

  1. Memudahkan proses packing dan pengiriman produk dalam palet
  2. Dapat menggabungkan beberapa produk atau dus menjadi satu muatan
  3. Mengurangi resiko pencurian paket dan ketahanan pada kerusakan
  4. Melindungi produk dari debu dan kelembaban ruangan
  5. Cling Wrap – merupakan plastik tipis atau film plastik yang biasa digunakan untuk menutupi makanan agar makanan tetap segar dan utuh dalam wadahnya. Tebal bungkus plastik ini biasa berkisar 0,01 mm atau 10 micron.

Cling Wrap mempunyai berbagai ukuran, mulai dari 20 cm dan yang paling besar berukuran 60 cm. Saat ini, Cling Wrap sudah sangat umum digunakan, mulai dari pasar tradisional yang menjual sayur-mayur, di rumah sakit sebagai pembungkus wadah makanan agar makanan tidak tumpah dan menjaga kesegaran, digunakan di perhotelan, hingga pada pabrik roti untuk menutup makanan agar tetap segar dan tidak mudah basi.

Pemesanan tiap produk plastik di Multi Kemas Plastindo memiliki minimal ukuran dan minimal jumlah yang berbeda-beda, bergantung pada skala pemesanan dan peruntukkan. Misalnya perbedaan minimal pembelian untuk retail dan wholesaler serta perbedaan harga untuk agen dan distributor.