Meningkatkan Efisiensi Proses Packaging

Proses Packaging plastic

https://www.multikemasplastindo.com/ – Packaging merupakan salah satu elemen terpenting dalam dunia bisnis. Walaupun penting, tapi tidak jarang produsen tidak mengesampingkan proses packaging ini sehingga mereka tidak menyadari kalau proses packaging-nya tidak efisien dan justru mendatangkan kerugian.

Penting bagi produsen untuk juga memikirkan pemilihan prosedur packaging yang baik dan efektif. BErikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan efisiensi proses packaging:

Mengikuti perkembangan jaman

Seperti semua bidang lain dalam era modern, bidang packaging juga mengalami banyak perubahan seiring dengan perkembangan jaman. Jika mau mencari dan melakukan riset mendalam, ada banyak material packaging terbaru yang efektif dan efisien untuk berbagai tipe produk.

Apabila diperlukan, produsen juga bisa mengganti tipe packaging demi meningkatkan efektifitas dan kualitas produk. Misalnya, dari yang awalnya menggunakan kardus bisa beralih menggunakan shrink film atau stretch film yang lebih efisien, aman, dan menghemat ruang.

Teknologi juga bisa dimanfaatkan untuk proses packaging, misalnya dengan memasang mesin khusus untuk membantu proses pengemasan atau alarm saat ada kemasan produk yang rusak. Apabila sudah menggunakan mesin, perlu diperhatikan juga efektifitas mesin.

Jika diperlukan mesin bisa di-upgrade ke jenis baru yang bisa menambah efisiensi proses packaging.

Persiapan yang matang

Banyak yang mengesampingkan proses packaging karena dianggap dampaknya tidak terlalu besar, padahal jika proses packaging tidak berjalan efisien, dampak yang diakibatkan bisa cukup besar juga. Oleh karena itu, perlu persiapan yang matang sebelum menentukan berbagai elemen-elemen penting proses packaging, mulai dari budget, design, hingga proses penyimpanan dan distribusi.

Budget perlu diperhitungkan dengan matang, sehingga bisa memilih teknik dan material packaging yang sesuai dengan produk. Perlu dipertimbangkan juga apakah akan menggunakan tangan atau mesin khusus.

Design menjadi salah satu elemen utama dalam proses packaging. Design yang unik dan indah bisa menarik minat pembeli, sebaliknya design yang kuno bisa memperburuk citra produk di mata pembeli.

Keadaan lingkungan penyimpanan produk dan juga packaging selama proses pengiriman juga merupakan poin penting yang perlu dipersiapkan dengan matang.

Pilih bahan yang cocok

Sekarang ini sudah tersedia banyak sekali pilihan material packaging yang memiliki berbagai kelebihan, ada plastik, kardus, bahkan kaca. Penting untuk memperhitungkan biaya dan juga efektifitas penggunaan material packaging pada produk.

Jikalau sudah memilih satu jenis packaging tertentu, mungkin bisa dicari jenis lain yang lebih efektif dan murah. Misalnya, untuk jenis stretch film dan shrink film saja ada berbagai jenis material plastik yang bisa dipilih seperti PVC, POF, atau PE.

Mesin atau manual

Ini merupakan dua hal yang penting untuk dijadikan bahan pertimbangan. Proses packaging manual memang memangkas banyak budget, tapi bisa saja tidak efektif, apalagi untuk industri dengan volume produksi besar.

Menggunakan mesin memang bisa mempercepat proses packaging, tapi beberapa material packaging seperti shrink wrap membutuhkan mesin khusus yang harganya lumayan mahal. Baik teknik menggunakan mesin maupun manual memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang patut dipertimbangkan.

baca juga

Bahan ramah lingkungan

Selain baik untuk lingkungan, bahan packaging yang ramah lingkungan juga bisa mengurangi biaya untuk pengurusan limbah. Selain itu, bahan packaging yang bisa didaur ulang juga bisa diolah kembali untuk mendatangkan keuntungan baru.

Belakangan ini sudah semakin banyak bermunculan material-material packaging yang ramah lingkungan. Seperti misalnya, untuk jenis plastik stretch film dan shrink film ada beberapa jenis plastik khusus yang mudah terurai ataupun bisa didaur ulang.

Salah satu yang terkenal menjual produk stretch film dan shrink film berkualitas tinggi dengan harga murah adalah Multi Kemas Plastindo (MKP). Perusahaan ini memiliki banyak jenis pilihan packaging seperti PE, POF, PVC, dan plastic packaging lainnya.

Alamat: Jl. Bahagia Permai 1 No.17. Kec. Buah Batu, Kota Bandung 40286, Jawa Barat

Phone: (022) 751 4190

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like