Tips Memilih Packaging yang Tepat Untuk Produk Anda

Packaging

MKP – Packaging merupakan salah satu elemen penting dalam proses distribusi produk. Packaging yang baik, selain dapat menarik minat konsumen juga dapat menjamin kualitas dan keamanannya selama proses pengiriman.

Untuk produk-produk makanan, packaging yang baik juga bisa menjamin produk akan sampai ke tangan konsumen dalam keadaan masih fresh. Ini tentunya bisa sangat mempengaruhi performa promosi dan penjualan.

Artinya, salah memilih packaging bukanlah pilihan. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih packaging yang tepat untuk produk anda:

Budget

Sebelum menentukan material packaging yang cocok, sebaiknya anda menentukan terlebih dahulu berapa budget yang siap anda keluarkan. Budget ini nantinya bisa membantu untuk menentukan material packaging dan juga design yang sesuai.

Material kaca atau natural fiber mungkin terlihat indah dan dapat menarik konsumen, tapi harganya mahal dan pengirimannya juga sulit. Pilihan lainnya adalah kardus yang murah dan cukup aman, tapi pilihan design-nya cukup banyak.

Selain itu, masih ada juga yang lebih menguntungkan, aman, dan efisien, yaitu plastik. Ada berbagai jenis plastic packaging yang tersedia dan bisa disesuaikan dengan jenis dan bentuk produk anda.

Beberapa plastik juga memungkinkan untuk di-print logo atau gambar sebagai hiasan.

Pengiriman

Sekarang, anda masuk ke tahap mempertimbangkan sisi fungsional dari bahan packaging. Tidak peduli seberapa bagus design-nya, jika packaging mudah rusah selama pengiriman, maka itu tidak ada artinya.

Anda bisa menyesuaikannya dengan jenis produk anda, apakah produk anda berat, ringan, ataupun bentuknya tidak tetap. Daya simpan produk juga perlu menjadi pertimbangan lain.

Cari material yang harganya akan sebanding dengan harga ganti produk tersebut jika mengalami kerusakan. Ini bisa membuat alokasi budget anda lebih efektif.

Material

Setiap jenis packaging memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Setiap jenis produk juga biasanya lebih sesuai dengan tipe packaging tertentu.

Shrink film termasuk ringan dan bisa diberi design yang menarik. Film ini juga cocok untuk berbagai jenis produk, termasuk yang besar dan berat.

Jenis plastic film yang fleksibel seperti shrink wrap biasanya cocok digunakan untuk makanan, kosmetik, obat, produk retail, dll. Ini karena jenis packaging ini bisa memperpanjang masa simpan dan memberikan tampilan yang menarik.

Di era sekarang saat orang-orang banyak memilih belanja online, packaging yang mudah digunakan juga menjadi poin tambahan untuk promosi produk anda. Sehingga mungkin anda bisa mempertimbangkan packaging yang mudah dibuang atau bisa didaur ulang.

Ukuran

Anda juga perlu mempertimbangkan ukuran produk saat memilih packaging, apalagi jika produk anda memiliki beberapa jenis ukuran yang berbeda. Supaya lebih efektif, pertimbangkan juga kemungkinan packaging beberapa produk sekaligus untuk pengiriman.

Selain menghemat biaya, itu juga bisa bisa menghemat waktu dan tenaga selama mempersiapkan pengiriman.

baca juga

Design

Selain pertimbangan teknis seperti budget, pengiriman, dan material, design juga merupakan poin penting yang tidak bisa dilupakan. Design packaging yang menarik bisa menangkap hati konsumen dan ikut andil dalam meningkatkan profit penjualan.

Anda bisa melakukan untuk riset pasar untuk melihat apa yang disukai target pasar anda. Setelahnya anda bisa menggabungkan design dengan faktor-faktor teknis di atas untuk bisa membuat packaging yang efektif dan sesuai.

Salah satu yang terkenal menjual produk shrink film dan stretch film berkualitas tinggi dengan harga murah adalah Multi Kemas Plastindo (MKP). Perusahaan ini juga memiliki banyak pilihan packaging lain seperti POF, PVC, dan plastic packaging lainnya.

Alamat: Jl. Bahagia Permai 1 No.17. Kec. Buah Batu, Kota Bandung 40286, Jawa Barat

Phone: (022) 751 4190

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like