heat shrink wrap

Perbedaan Heat Shrink Wrap dan Stretch Wrap

MKP – Dalam industri plastic packaging, ada dua jenis wrap yang biasanya digunakan, yaitu shrink wrap dan stretch wrap. Karena bentuk dan tampilan akhir keduanya hampir mirip, banyak orang yang menyamakan dua jenis wrap ini.

Shrink wrap terdiri dari berbagai varietas dan tipe plastik yang akan menyusut jika dikenai panas. Jenis plastik yang biasanya digunakan adalah Polyolefin (POF), PVC, Polyethylene (PE), dan Polypropylene.

Heat shrink wrap banyak digunakan sebagai solusi packaging yang efektif di seluruh dunia, hampir semua industri menggunakannya, mulai dari industri makanan hingga konstruksi. Jika ditambah dengan pemilihan film, ketebalan, dan mesin yang tepat, heat shrink dapat membantu proses packaging berjalan lebih cepat dan efisien.

Stretch film adalah plastic film yang digunakan untuk mengamankan, membungkus, dan menstabilkan produk. Jenis film ini biasanya dibuat dari low-density Polyethylene.

Saat pengaplikasiannya, stretch film akan ditarik dan direnggangkan di sekeliling produk untuk membuatnya ketat dan aman. Ada berbagai jenis stretch film yang dibedakan berdasarkan lebar, ketebalan, dan warnanya.

Kedua jenis plastic wrap ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut adalah penjelasan lengkap seputar perbedaan heat shrink wrap dan stretch wrap:

Penggunaan

Seperti namanya, heat shrink wrap membutuhkan panas dalam pengaplikasiannya. Sumber panasnya sendiri bisa berasal dari heat gun atau dari mesin shrink wrap.

Untuk stretch film, ada berbagai jenis dalam penggunaannya, seperti hand stretch film, extended core stretch film, bundling stretch film, machine stretch film, vented stretch film, dan colored stretch film. Di antara kesemua jenis tersebut, ada yang bisa diaplikasikan menggunakan tangan atau harus menggunakan mesin.

Stretch Rate

Stretch rate bisa dianggap sebagai tingkat atau daya renggang plastik. Secara umum kedua jenis platic wrap ini memiliki daya renggang yang baik.

Tetapi, sesuai namanya, stretch wrap bisa merenggang jauh lebih baik dibandingkan shrink wrap, tingkat stretch rate-nya bahkan bisa melebihi 100%.

Jenis produk

Walaupun banyak digunakan di berbagai industri, stretch wrap dan shrink film memiliki spesifikasinya sendiri.

Untuk produk-produk retail, banyak yang menggunakan shrink wrap. Ada yang menggunakan stretch wrap, tapi perbandingannya jauh lebih jarang dibanding shrink wrap.

Sementara untuk industrial product, banyak yang lebih memilih stretch wrap dibandingkan shrink wrap.

Tingkat kebeningan (clarity)

Kedua jenis plastic wrap ini sebenarnya secara keseluruhan memiliki tingkat kebeningan yang baik yang beragam tergantung pada ketebalan dan komposisinya. Tapi jika dibandingkan, shrink wrap memiliki tingkat kebeningan yang lebih tinggi.

Pada industri produk retail, orang biasanya mencari bungkus yang lebih bening supaya para konsumen bisa melihat dulu bentuk produk sebelum membeli. Inilah sebabnya dibandingkan dengan stretch wrap, shrink wrap lebih banyak diminati untuk packaging produk retail.

Aman untuk makanan

Karena kandungan bahan kimia yang dikandungnya, stretch wrap tidak direkomendasikan untuk kontak langsung dengan makanan. Sedangkan untuk shrink wrap, ada beberapa jenis yang sudah mendapat izin resmi sebagai pembungkus makanan.

Salah satu jenis yang aman adalah Polyolefin atau POF. Sementara untuk jenis PVC juga tidak diizinikan untuk bersentuhan dengan produk yang bisa dimakan.

baca juga

Waktu simpan

Stretch wrap dinilai tidak mampu memperpanjang waktu simpan produk, sedangkan shrink wrap dianggap mampu melakukannya. Terutama pada produk-produk yang mudah busuk atau memiliki waktu simpan yang pendek.

Salah satu yang terkenal menjual produk shrink film dan stretch film berkualitas tinggi dengan harga murah adalah Multi Kemas Plastindo (MKP). Perusahaan ini juga memiliki banyak pilihan packaging lain seperti POF, PVC, dan plastic packaging lainnya.

Alamat: Jl. Bahagia Permai 1 No.17. Kec. Buah Batu, Kota Bandung 40286, Jawa Barat

Phone: (022) 751 4190

1 thought on “Perbedaan Heat Shrink Wrap dan Stretch Wrap”

  1. Sugiyono Tanoko

    Hallo
    Apakah pabrik bapak bisa menyediakan heat shrink plastic roll dengan lebar 130 cm x 25 m atau 50 m per roll nya?
    Tebal 0.5 mm, PVC

    Terima kasih
    Tanoko

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *