Shrink Film Untuk Packaging

Shrink Film

Shrink wrapping merupakan salah satu teknik packaging yang banyak digunakan di berbagai bidang industri. Teknik shrink wrapping hanya membutuhkan dua komponen penting, yaitu shrink film dan suhu yang tepat.

Penjelasan Lengkap Tentang Shrink Film Untuk Packaging

Dengan bentuknya yang fleksibel dan daya tahannya yang kuat, shrink film pun banyak diminati oleh para pebisnis untuk menjadi pilihan packaging produk mereka. Berikut adalah beberapa penjelasan lengkap seputar seluk beluk shrink film dan penggunaannya untuk packaging.

Apa itu shrink film?

Shrink film adalah sebuah materi polimer serbaguna yang biasa digunakan untuk packaging. Dengan mengaplikasikan panas, baik menggunakan mesin, listrik, atau pistol gas pemanas, maka film akan menyusut dengan erat di sekeliling produk yang akan dibungkus.

Ini membuat shrink film bisa menghasilkan hasil packaging yang bening, dan kuat melindungi produk.

Shrink film tersedia dalam berbagai jenis yang dibedakan berdasakan tingkat ketebalan, kebeningan, kekuatan, dan rasio penyusutan. Kesemua jenis ini bisa digunakan sendiri atau saling digabungkan untuk menghasilkan lapisan perlindungan terbaik.

Beberapa bahan yang umum digunakan untuk shrink wrapping adalah PVC, PE, dan POF.

Shrink Film
Shrink Film

Keuntungan menggunakan shrink film

Proteksi

Shrink film memiliki daya tahan yang kuat dan bisa diaplikasikan dengan berbagai teknik. Ini bisa membuat packaging menjadi sulit robek dan tahan terhadap tusukan.

Lebih lanjut, shrink film bisa meningkatkan masa simpan bahan yang mudah membusuk dan juga melindungi dan menjaga supaya bau dari produk yang dibungkus tidak tercium dari luar.

Tampilan

Bentuk shrink film bisa disesuaikan dengan bentuk produk, dan bisa juga diformulasikan untuk membungkus bahan khusus seperti daging dan frozen foods. Shrink film juga memberikan tampilan glossy yang bersinar, sehingga bisa menarik minat konsumen.

Beberapa bahan shrink film juga bisa didekorasi dan tahan untuk diberik cetakan gambar atau logo.

Bisa didaur ulang

Bahan POF dan PE yang sering digunakan untuk shrink film merupakan bahan yang bisa didaur ulang. Selain itu, POF juga tidak mengeluarkan bahan berbahaya saat dipanaskan seperti PVC.

Hemat biaya

Selain harganya murah, shrink film juga kuat dan memiliki daya tahan tinggi, sehingga sangat efektif. Shrink film juga bisa menghemat tempat penyimpanan produk.

Para pebisnis biasanya membuat berbagai strategi untuk semakin memangkas biaya packaging seperti mengurangi ketebalan atau lebar film yang digunakan.

Bahan pertimbangan memilih shrink film

Ada berbagai jenis shrink film yang bisa disesuaikan dengan jenis produk yang akan di-package. Walaupun bertanya pada supplier adalah salah satu teknik yang paling efektif, penting juga untuk sebelumnya melengkapi informasi berikut sebagai bahan pertimbangan:

  • Apa jenis produk?
  • Berat, bentuk, dan dimensi produk
  • Pemilihan warna dan labelling
  • Apakah proses packaging berjalan secara manual atau menggunakan mesin
  • Apakah dalam penanganannya banyak benturan atau tidak
  • Lingkungan, cuaca, atau suhu penyimpanan produk
  • Dll

Dengan banyaknya materi atau bahan shrink film yang tersedia, tentunya bukan hal yang sulit untuk dapat menemukan shrink film yang cocok untuk berbagai produk bisnis anda.

baca juga

Salah satu yang terkenal menjual produk shrink film berkualitas tinggi dengan harga murah adalah Multi Kemas Plastindo (MKP). Perusahaan ini juga memiliki banyak pilihan packaging lain seperti PE, POF, PVC, dan plastic packaging lainnya.

Alamat: Jl. Bahagia Permai 1 No.17. Kec. Buah Batu, Kota Bandung 40286, Jawa Barat

Phone: (022) 751 4190

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like