Plastik Shrink untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Plastik Shrink untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Multikemasplastindo – Kegiatan rumah tangga tidak bisa jauh dari peran plastik. Ada banyak peralatan rumah tangga berbahan baku plastik yang sangat berguna membantu kegiatan sehari-hari, seperti toples untuk menyimpan makanan, peralatan makan dari plastik – piring, garpu dan sendok, botol minuman, hingga mainan anak-anak.

Meski banyak pro dan kontra tentang penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari, namun masih belum ditemukan bahan alami yang dapat menggantikan kebutuhan masyarakat sepenuhnya akan bahan baku plastik.

Plastik shrink merupakan salah satu jenis plastik yang saat ini banyak digunakan, baik dalam memenuhi kebutuhan industri hingga kebutuhan rumah tangga. Di bawah ini akan dijelaskan apa itu plastik shrink beserta kegunaannya dalam kebutuhan rumah tangga.

Apa Itu Plastik Shrink?

Plastik shrink atau dapat disebut sebagai plastik shrink wrap adalah jenis plastik yang terbuat dari plastik film polimer. Bahan penyusun lainnya antara lain Polypropylene, PVC dan Polyethylene, serta beberapa bahan lainnya.

Jenis plastik ini dapat menyusut ketika diberi panas pada suhu tertentu. Biasanya plastik shrink akan menyusut dalam dua bentuk, yakni secara satu arah atau mono-directional serta menjadi dua arah. Plastik shrink tersedia dalam berbagai jenis dengan berdasarkan pada ketebalan, kekuatan dan rasio penyusutan plastik.

Penggunaan Plastik Shrink dalam Kebutuhan Rumah Tangga

Dalam bidang industri, plastik shrink sering digunakan sebagai label atau segel kemasan karena plastik semakin kuat saat menyusut. Untuk kebutuhan rumah tangga, ada beberapa fungsi dari plastik shrink, antara lain:

Pengemas Buku

Untuk Anda kolektor buku, plastik shrink dapat dijadikan sebagai pembungkus koleksi buku-buku penting milik Anda.

Seringkali kita pusing memikirkan koleksi buku yang menguning, halaman yang sobek atau plastik sampul yang mengelupas karena salah menyimpan buku. Paling buruk, ternyata buku habis dimakan rayap saat disimpan.

Untuk kolektor buku limited edition, kolektor buku premium, atau kolektor buku secara umum, hal ini pasti membuat jengkel karena harga buku yang tidak murah serta isi buku yang menjadi favorit malah rusak karena berbagai hal.

Untuk mencegah kerusakan, Anda dapat menggunakan plastik shrink sebagai pembungkus buku atau overwrap koleksi buku Anda. Sifat keeratan dan kekuatan plastik shrink dapat mencegah rayap masuk dan merusak buku, menjaga buku dari kelembapan tempat penyimpanan serta mencegah buku menguning karena paparan udara.

Plastik Shrink untuk Kebutuhan Rumah Tangga
Plastik Shrink untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Menjaga Kesegaran Makanan

Untuk ibu rumah tangga, menyimpan makanan menjadi tugas tersendiri saat tempat penyimpanan kurang memadai atau banyaknya penyebab makanan rusak berada di sekitar kita.

Menjaga kesegaran makanan ternyata cukup susah apabila makanan tidak disimpan dengan baik dari paparan udara, kelembapan, debu maupun kotoran. Hasilnya, rasa asli makanan dan bentuk asli makanan mengalami perubahan serta tidak dapat dikonsumsi kembali.

Anda dapat menggunakan plastik shrink untuk menjaga kesegaran makanan. Sifatnya yang semakin erat saat menyusut dapat menghalau makanan dari penyebab kerusakan. Selain itu, makanan jadi tidak mudah tumpah dan mengotori tempat lainnya.

Hal ini sangat cocok untuk Anda yang sering membawa bekal makanan atau yang jarang di rumah namun tetap harus memasak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Mencegah Kerusakan dari Penyimpanan Jangka Lama

Tidak jarang kita membeli barang namun hanya dapat sekali digunakan, dan sisanya dihabiskan di gudang sampai dapat digunakan kembali. Gudang atau ruangan yang dijadikan tempat penyimpanan ternyata tidak selamanya dapat menjaga barang-barang dari kerusakan.

Debu yang menutupi sebagian besar barang dapat menimbulkan kerusakan, seperti pada peralatan elektronik. Atau kelembapan udara yang terlalu tinggi dapat membuat cat pada barang mengelupas.

Selain itu, ancaman rayap dapat sewaktu-waktu menimpa Anda karena kesalahan penyimpanan barang. Hal itu dapat diatasi dengan melapisi barang yang akan disimpan dalam jangka waktu yang lama dengan plastik shrink.

Melapisi barang dengan plastik shrink dapat menghindarkan barang dari berbagai penyebab kerusakan. Daripada membeli barang baru, ada baiknya memanfaatkan penyimpanan barang dengan maksimal.

Memudahkan Perpindahan Barang

Barang keperluan rumah tangga memiliki banyak jenis dan terkadang kita memiliki lebih dari satu. Hal ini tentu sangat menyusahkan saat akan melakukan pindah rumah, dimana kita harus mengemas satu-persatu barang yang ada.

Sebagai solusi, plastik shrink dapat digunakan untuk mengemas beberapa barang menjadi satu muatan utuh. Dengan berada dalam satu muatan, Anda semakin mudah memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lain.

Selain itu, plastik shrink dapat melindungi barang dari kerusakan. Seperti mencegah barang saling bersinggungan satu sama lain hingga menyebabkan kerusakan, serta mencegah barang terlalu banyak bergesekan dengan alas selama pengiriman.

Sebagai Atap Darurat

Indonesia merupakan negara dengan wilayah yang memiliki tingkat bencana alam yang cukup tinggi, seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor, dan angin putting beliung. Bencana-bencana ini dapat menyebabkan beragam kerusakan, dan yang paling buruk adalah merubah bentuk asli dari bangunan rumah.

Dalam beberapa kesempatan, plastik shrink dapat digunakan sebagai pengganti atap pada bangunan yang tertimpa musibah. Tingkat keeratan plastik shrink dapat melindungi yang ada di bawahnya selama atap darurat dibangun.

Selain itu, plastik shrink juga dapat melindungi dari berbagai sudut dan benda-benda tajam. Caranya dengan mengaplikasikan plastik shrink pada ujung yang tajam dan memberi sedikit panas agar plastik mengerut dengan sempurna.

Lebih lanjut, plastik shrink juga digunakan untuk membungkus barang-barang dengan bahan-bahan yang berbahaya bagi manusia. Seperti barang berbahan asbes, timbal, serta bahan-bahan berbahaya lainnya.

Dengan fungsi yang beragam, plastik shrink semakin dilirik masyarakat sebagai plastik yang dapat digunakan dalam kegiatan sehari-hari. MKP atau Multi Kemas Plastindo dapat menjadi solusi mencari plastik shrink wrap murah.

Multi Kemas Plastindo merupakan salah satu supplier dan distributor shrink film terpercaya untuk kebutuhan retail, wholesaler, maupun untuk industri atau pabrik. Salah satunya sebagai distributor resmi untuk PT Ultra Prima Plast (UPP) dengan standar mutu internasional bersertifikat ISO 9001 : 2008.

Sebagai supplier dan distributor, Multi Kemas Plastindo menyediakan tiga jenis shrink film, antara lain:

PVC Shrink Film

Jenis plastik kemasan menyusut yang paling umum digunakan karena bobot plastik yang ringan, murah, serta memiliki berbagai macam kegunaan. Plastik ini memiliki karakteristik yang agak kaku dan bersifat tahan lama.

Dapat diaplikasikan pada berbagai sektor, seperti industri, produk peralatan rumah tangga dan proyek konstruksi. Contoh aplikasi plastik ini adalah untuk penerbitan, mainan anak-anak, elektronik, multimedia, dan lain-lain.

Tersedia dalam bentuk roll dengan paper cone – tube (tabung), single wound atau center folded. Ketebalan berkisar 25 micron hingga 85 micron dengan ukuran dari 41 mm hingga 850 mm.

PE Shrink Film

Multi Kemas Plastindo menyediakan PE Shrink Film dalam jenis Linear Low Density Polyethylene (LLDPE), dimana kekuatan plastik semakin bertambah seiring menyusutnya plastik, sehingga dapat digunakan pada barang berat dan besar.

Tersedia dalam bentuk roll dengan paper cone – single wound dan center folded (bukan cone). Ketebalan berkisar antara 40 micron hingga 150 micron dan ukuran dari 30 cm hingga 150 cm.

baca juga

POF Shrink Film

Atau lebih dikenal sebagai shrink wrap ‘premium’ yang sifatnya sangat tahan lama dan memiliki berbagai kegunaan.

Jenis ini banyak menggantikan PVC Shrink Film dalam banyak aplikasi, serta merupakan bahan aman makanan yang telah disetujui oleh badan perizinan obat dan makanan di Amerika Serikat (FDA). POF Shrink Film mempunyai ketahanan yang tinggi terhadap tusukan dan kekuatan segel, sehingga dapat menjaga bentuk barang.

POF Shrink Film membuat tampilan produk nampak jelas, mampu melindungi produk dari debu dan air serta dapat diaplikasikan pada mesin heat shrink. Tersedia dalam bentuk roll dengan paper cone, ketebalan berkisar 15 micron hingga 50 micron dan berukuran 100 mm hingga 200 mm.

Selain menyediakan dalam bentuk asli – yakni roll bening dengan paper cone, MKP juga menyediakan kedua jenis plastik dalam bentuk print warna dan motif sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.

Multi Kemas Plastindo bertempat di Jl. Bahagia Permai 1 No. 17 Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung 40286, Jawa Barat. Anda dapat juga menghubungi MKP melalui WhatsApp pada nomor 0818-788-885 (Ali), 0857-9507-8446 (Kho), atau 0858-8056-7269 (Eko). Atau melalui email di multikemasplastindo@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like