Bagaimana cara segel botol (shrink sleeves) seperti Teh Botol atau Coca Cola?

Pernah kan memperhatikan label botol ketika meminumnya? Bentuk botol yang berlekuk atau bermacam bentuk, tapi label plastik yang menyegelnya bisa mengikuti bentuk botolnya. Yuk kita lihat beberapa produk yang menggunakan segel botol (shrink sleeve).

  1. Botol promosi Coca Cola berbentuk bulat
file
a27d24 a0377e56b5324403855efd5d57004428~mv2

2. Botol Minuman Dingin

file
65b963 a4318afbb5fe41b59b29dec5ef9a9007~mv2

Label plastik segel seperti minuman botol diatas sering disebut dengan “Shrink sleeves”, seperti “baju plastik yang sudah di print”yang dipakaikan pada botol, lalu di panaskan, sehingga plastik bisa membentuk sesuai body botol.

Banyak perusahaan menengah dan besar menggunakan Shrink Sleeve untuk memberikan label pada produknya karena daya tarik estetika, terlihat sangat elegan, cantik dan mahal. Selain itu juga mempunyai fungsi melindugi botol supaya tersegel sebelum dibeli oleh pembeli. Plastik label ini dicetak pada plastik shrink film yang dapat menyusut melalui penerapan panas atau uap. Setelah plastik shrink film menyusut, maka plastik tersebut akan menyesuaikan dengan bentuk wadah atau produk, menciptakan label yang ramping dan kemasan / gambar produk.

Apa keuntungan dengan menggunakan dari plastik segel botol atau shrink sleeves?

  • Memberikan tampilan 360 ° dari seluruh sisi produk dengan karya seni dan teks yang mewah, brilian dan menarik sehingga memberikan daya tarik maksimum pada produk dan menambah eksposur pemasaran.
  • Mampu melabel seluruh body botol, dari tutup botol, sampai ke kaki botol.
  • Bisa ditambahkan perforation, memudahkan pembeli untuk merobek segel untuk membuka produk botol. Segel dengan perforasi bisa memastikan produk belum terbuka/rusak dan memudahkan ketika membuka tutup botol.
  • Produk yang di labeli seluruh bodi masih dapat menampilkan isi didalam produk dengan menggunakan jendela bening, sehingga produk masih bisa terlihat jelas.
  • Segel dengan perforasi bukti kerusakan akan memudahkan pembukaan, dan memaksimalkan
  • Print gambar dan tulisah dengan pencetakan terbalik, melindungi tinta dari goresan juga mempertahankan hasil print yang selalu mengkilap

Berapa investasi yang dibutuhkan jika ingin menggunakan shrink sleeve ini?

Memang kebanyakan mesin yang biasa mencetak shrink sleeve ini biasanya berkapasitas sangat besar, antara 300.000 sampai 1.000.000 piece. Biaya sangat bergantung dari:

  1. Jumlah warna yang akan digunakan – jumlah warna akan berdampak kepada jumlah silinder yang harus dibuat untuk mencetak shrink sleeve
  2. Lebar plastik – semakin lebar plastik, semakin mahal untuk harga per piece, dan juga semakin lebar silinder yang disiapkan untuk mencetak plastik shrink sleeve tersebut
  3. Bentuk potongan khusus – permintaan yang membutuhkan bentuk plastik shrink sleeve dipotong dan disegel secara khusus, seperti bentuk trapsesium, bulat.
  4. Perforation (perforasi) – untuk memudahkan plastik segel bisa dibuka oleh pembeli, plastik akan diberikan lubang-lubang kecil

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memesan shrink sleeve?

Biasanya setelah tahap design dan tahap sample sudah disetujui, maka produksi bisa dimulai sekitar 2 pekan dari tahap penyetujuan sample terakhir.

Berminat untuk membuat shrink sleeve untuk produk anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like