Ultra Prima Plast, Pelopor Produk Plastik Nusantara

Nama Ultra Prima Plast sendiri lebih dikenal masyarakat dengan akronim UPP, yakni sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi plastik, injection blow moulding, dan flexible packaging. UPP berbasis di Jakarta Barat, tepatnya di kelurahan Semanan. Perusahaan ini pun telah bermitra dengan banyak supplier serta distributor dalam memasarkan produk plastik untuk beragam kebutuhan.

UPP telah berdiri selama puluhan tahun dalam menjamin mutu produk yang dihasilkan. Perusahaan ini pun berhasil mengantongi ISO 9001 sehingga mampu memberikan kualitas barang dan layanan sebagai bekal menjaga loyalitas konsumen. Setiap kegiatan produksi yang dilakukan melibatkan teknisi handal di bidangnya, guna mempertahankan kualitas.

Untuk bermitra dengan UPP, Anda dapat menghubungi nomor kontak yang tertera pada profil resmi Ultra Prima Plast di website indotrading. Sebagai informasi, perusahaan ini telah mendapatkan status verified supplier pada indotrading.com. Selebihnya, Anda pun dapat mengontak via linkedin resmi PT Ultra Prima Plast. Berikut beberapa jenis produk dari UPP untuk distributor dan konsumen.

Produk-Produk PT Ultra Prima Plast

  1. Plastik Shrink Film

Plastik shrink film lebih diketahui masyarakat awam sebagai plastik packaging, karena sering dijadikan sebagai kemasan berbagai macam barang. Shrink film dibuat setelah melalui proses polimerisasi, hingga dapat berubah bentuk. Sifat dasar plastik ini adalah mudah menyusut sesuai wujud benda yang dibungkus.

Setidaknya ada tiga jenis shrink film yang diproduksi oleh UPP, yaitu shrink film PVC, shrink film PE/PET, dan shrink film POF. Ketiganya mempunyai karakteristik mirip, tetapi ada aspek signifikan yang membedakan satu sama lain. Ketiga jenis ini yang paling banyak dijadikan bahan packaging untuk industri manufaktur maupun rumah tangga.

  • Flexible Packaging

UPP juga memproduksi beragam jenis plastik yang dapat dipakai sebagai packaging. Setiap jenis plastik mempunyai tingkat fleksibilitas berbeda-beda sesuai jenisnya. Namun yang pasti, plastik packaging haruslah tahan dan kuat (dari debu, air, panas) agar dapat menjaga kualitas benda yang dikemas di dalamnya.

Flexible packaging ada yang digunakan secara perentangan, ada juga yang harus dikerutkan. Packaging yang dapat direntangkan lebih dikenal dengan nama stretch film, sedangkan plastik yang bisa dikerutkan disebut shrink film. Selain itu masih ada jenis flexible packaging lain yang bisa dijumpai di pasaran.

Dalam memilih plastik flexible packaging, Anda harus memperhatikan bentuk produk yang akan dikemas. Misalnya pada produk yang bentuknya tidak beraturan serta ukurannya kecil, lebih baik menggunakan packaging dari bahan shrink film karena bisa mengerut sekecil ukuran produk. Hasilnya pun lebih rapi karena plastik jenis ini dapat melekat kuat bahkan tanpa lem.

  • Komponen Elektronik

Komponen elektronik ada juga yang dibuat dari bahan plastik. Sifat plastik yang waterproof dapat mencegah terjadinya konsleting ketika listrik berkontak dengan air selaku konduktor. Oleh karena itu bahan plastik pun menjadi komponen cukup penting pada komponen listrik. UPP memproduksi beragam produk plastik sebagai komponen elektronik.

  • Komponen Otomotif

Jika bayangan Anda komponen otomotif hanya berupa mesin dan logam, anggapan tersebut tidak benar. Ada juga komponen yang dibuat oleh industri plastik seperti UPP. Perusahaan ini memproduksi suku cadang otomotif dari bahan plastik bermutu tinggi. Selain itu, menyediakan pula injeksi plastik dengan presisi yang tepat.

  • Komponen Baterai

Peralatan elektronik membutuhkan baterai sebagai sumber penampung daya. Seiring perkembangan teknologi yang kian maju, peralatan elektronik yang menggunakan baterai semakin banyak. Oleh karena itu, kebutuhan komponen penyusun baterai pun semakin dibutuhkan dalam skala besar.

UPP memproduksi komponen baterai yang menggunakan bahan dasar plastik. Biasanya komponen ini berfungsi untuk menghentikan aliran arus di tempat tertentu, guna menjaga daya tetap tersimpan dengan baik di dalam baterai. Komponen ini ada yang ukurannya besar, kecil, bahkan berukuran mini.

  • Kemasan Lain-Lain

Sebagaimana diketahui bahwa dewasa ini plastik menjadi bahan utama dalam persoalan packaging. Plastik diolah menjadi beragam jenis kemasan untuk produk yang bervariasi. UPP selaku produsen plastik kenamaan menjadi salah satu perusahaan yang selama puluhan tahun menghasilkan aneka kemasan produk dengan kualitas unggul.

Injection Blow Molding di PT Ultra Prima Plast

Blow molding merupakan proses dalam industri manufaktur plastik yang tujuannya untuk membuat produk berongga (misalnya botol). Proses ini melibatkan ekstrusi yang menghasilkan parison, kemudian dikembangkan oleh tekanan gas melalui cetakan. Blow molding pada hakikatnya adalah pengembangan hasil ekstruksi pipa dengan cara menambahkan mekanisme peniupan dan cetakan.

Ada 3 macam cara kerja blow molding pada perusahaan manufaktur, yaitu injection, extrusion, serta stretch. UPP melakukan injection blow molding dalam proses produksi untuk menghasilkan kemasan botol yang akan didistribusikan menjadi packaging produk industri lain. Berikut penjelasan selengkapnya seputar 3 cara kerja blow molding yang ada di UPP.

  1. Injection Blow Molding

Sesuai namanya, proses blow molding ini diproses dengan cara menginjeksikan pada bakalan plastik yang hendak diblow. Proses ini melibatkan komponen untuk injeksi dan blow. Pertama, plastik dipanaskan hingga melting, kemudian diinjeksikan ke bakalan kemasan. Setelah itu, plastik dipindah ke blow. Udara ditiupkan agar plastik mengembang lantas menempel sesuai bentuk yang diinginkan.

  • Extrusion Blow Molding

Proses ini diaplikasikan dalam produksi yang menggunakan plastik PVC, PP, dan PC. Plastik dikeluarkan dari mesin extruder lalu dimasukkan menuju cetakan blow lewat pengarah lubang. Setelah cetakan tertutup, pengarah lubang akan mengalirkan udara ke dalam plastik sehingga tertekan ke cetakan.

  • Stretch Blow Molding

Proses ini memproduksi plastik dengan cara perentangan (stretching) hingga mencapai ukuran tertentu yang diinginkan. Namun tetap harus mempertimbangkan ketebalan plastik agar tidak sampai meletup. Proses ini melibatkan injection, lalu stretching hingga udara selesai ditiupkan sesuai bentuk mold.

Mitra Kerja Ultra Prima Plast

Perusahaan yang berada di bawah naungan mega grup OT ini telah memiliki banyak mitra kerja. Supplier dan distributor produk yang dihasilkan UPP tersebar di seluruh Indonesia, sehingga memudahkan pembelian oleh konsumen yang berada di luar ibukota. Konsumen yang membeli produk langsung dari UPP juga banyak, sebagian besar melakukan pembelian wholeseller.

UPP akan melindungi hak-hak konsumen yang telah menjadi mitra. Sebagaimana tercantum dalam privacy policy OT Group bahwa diberlakukan kebijakan konsumen bagi seluruh affiliasi dan anak perusahaan untuk melindungi informasi. UPP juga mempunyai layanan pelanggan jika ada yang ingin melakukan konsultasi atau memiliki pertanyaan seputar UPP dan produknya.

Jangkauan Produk PT Ultra Prima Plast

UPP dulunya bernama PT Kemas Langgeng Bersama, karena memfokuskan perusahaan untuk berada di sektor produksi packaging. Sejak 1990 berganti nama menjadi PT Ultra Prima Plast seperti yang dikenal sekarang dengan skala produk yang lebih luas. Tidak hanya memproduksi bahan packaging saja, tetapi juga memproduksi perangkat listrik dari plastik untuk mensupplay industri elektronik.

Pendistribusian produk UPP dilakukan ke seluruh Nusantara. Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk melakukan ekspor ke luar negeri, seperti ke negeri jiran. Meskipun basis perusahaan ini adalah industri plastik, dalam dunia kerjanya menerapkan prinsip disiplin lingkungan untuk menjaga mutu produk yang dihasilkan.

Meskipun shrink film tergolong jenis plastik wrapping paling sering dipakai, tampaknya belum semua orang familiar dengan namanya.

Yang membedakan bahan shrink film dengan plastik jenis lain adalah dapat menyusut sesuai bentuk barang yang dikemas. Shrink film terbuat dari bahan polymer film.

Untuk mengaplikasikan shrink film, Anda harus melalui dua proses yaitu dengan sealer dan mesin pemanas.

Jenis shrink film paling populer dan banyak dipakai ada 3, yaitu PVC, PE, serta POF.

Shrink Film PVC

Plastik ini mempunyai tingkat transparansi tingi serta daya susutnya juga tinggi. kemasan PVC cukup kuat untuk wrapping produk yang lebih besar.

Jenis ini pun paling banyak dipakai oleh industri manufaktur dikarenakan harga lebih terjangkau. Biasanya digunakan sebagai kemasan makanan kaleng, buku, atau shuttlecock. Paling banyak dijumpai di pasaran.

Shrink Film PE

Terbuat dari bahan PE yang memiliki ketebalan sekitar 50 micron, plastik satu ini sangat kuat sehingga cukup aman dari robekan. 

Berbeda dengan shrink film PVC yang transparan, plastik ini justru buram. Meski demikian PE cukup ulet untuk dijadikan pembungkus. Biasanya digunakan pada pengemasan produk soft drink.

Shrink Film POF

Dibanding shrink film lain, plastik POF mempunyai ketebalan paling rendah yaitu hanya sekitar 15 micron. Permukaannya tipis dengan tingkat keuletan tinggi.

Kendati tipis, plastik ini cukup sulit dirobek. Hanya dapat dirobek ketika sudah dibuka.

Mempunyai transparansi tinggi sehingga tepat dijadikan wrapping produk yang bernuansa high class. Paling sering dipakai pada pengemasan produk ritel dan makanan higienis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like