Perbedaan Teknik Shrink Wrapping dan Vacuum Packaging

https://www.multikemasplastindo.com/ Karena tampilan hasil akhir yang hampir mirip, banyak orang yang menyamakan dua jenis teknik packaging yang berbeda yaitu vacuum packaging dan shrink wrapping. Keduanya memang sama-sama terlihat transparan dan dikemas menggunakan bentuk plastik yang fleksibel, tapi sebenarnya ada beberapa perbedaan yang khas di antara keduanya.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut seputar persamaan dan perbedaan vacuum packaging dan shrink wrapping:

Persamaan

  • Packaging yang fleksibel dan transparan

Kedua teknik packaging ini biasanya sama-sama menggunakan material plastik polimer transparan dalam bentuk kantong ataupun gulungan. Walaupun ada juga hasil akhir packaging yang tidak transparan, sebagian besar produk yang menggunakan shrink wrapping dan vacuum packaging akan memiliki tampilan transparan yang khas dan dapat menunjukkan dengan jelas produk di dalamnya.

  • Disegel dengan panas

Vacuum packaging dan shrink wrapping sama-sama menggunakan teknik penyegelan menggunakan panas untuk menutup packaging produknya. Ini artinya bagian terbuka pada packaging akan disegel setelah produk dimasukkan.

  • Menyesuaikan bentuk produk

Ini yang membuat keduanya sering disamakan sebagai teknik packaging yang sama. Teknik shrink wrapping dan vacuum packaging sama-sama memiliki hasil akhir yang terlihat sebagai bahan plastik film di luar produk menutupi produk pas sesuai bentuknya.

  • Sering digunakan untuk packaging makanan

Baik teknik vacuum packaging maupun shrink wrapping, keduanya sering digunakan untuk mengemas bahan makanan atau bahan lain yang bisa dimakan. Ada beberapa jenis plastik aman makanan yang bisa digunakan untuk keperluan packaging menggunakan kedua teknik di atas.

Perbedaan

  • Ketebalan material

Shrink wrapping dan vacuum packaging sama-sama menggunakan jenis plastik fleksibel untuk mengemas produk. Tapi, plastik fleksibel yang digunakan pada vacuum packaging lebih tebal dibandingkan yang digunakan untuk shrink wrapping, perbedaan tingkat ketebalannya hingga 3 – 4 kali lipat.

  • Mesin yang digunakan

Walaupun teknik vacuum packaging dan shrink wrapping sama-sama menggunakan segel pemanas, mesin yang digunakan selama proses packaging untuk kedua teknik tersebut sangatlah berbeda. Shrink wrapping membutuhkan mesin pemanas bernama shrink tunnel atau heat tunnel, sedangkan vacuum packaging membutuhkan mesin yang dapat mengurangi oksigen dalam kantong.

  • Ketiadaan oksigen

Ini juga adalah kesalahpahaman yang sering terjadi mengenai teknik shrink wrapping dan vacuum packaging. Vacuum packaging menggunakan selang udara khusus untuk menghilangkan sebagian besar oksigen dari packaging.

Dengan tidak adanya oksigen ini bisa meningkatkan masa simpan produk dan menjaga kesegaran dan juga masa kadaluarsa produk makanan. Ini sebabnya vacuum packaging bisa menjaga makanan hingga lima kali lebih lama dibandingkan kantong plastik biasa.

Tampilan yang ketat pada hasil akhir teknik shrink wrapping sering disangka menghilangkan oksigen juga, tapi itu tidaklah benar. Setelah terdegel, udara dan oksigen yang terperangkap di dalam packaging tidak punya jalur keluar.

Lubang udara kecil biasanya ditempatkan pada plastik shrink film untuk mengeluarkan udara dari packaging dan membuat produk di dalamnya masih terkena oksigen. Paparan oksigen-nya memang lebih sedikit dibandingkan objek atau produk yang tidak ter-cover, tapi teknik packaging ini tidak membuat produk di dalamnya tersegel sempurna dari elemen luar.

baca juga

Salah satu yang terkenal menjual produk stretch film dan shrink film berkualitas tinggi dengan harga murah adalah Multi Kemas Plastindo (MKP). Perusahaan ini memiliki banyak jenis pilihan packaging seperti PE, POF, PVC, dan plastic packaging lainnya.

Alamat: Jl. Bahagia Permai 1 No.17. Kec. Buah Batu, Kota Bandung 40286, Jawa Barat

Phone: (022) 751 4190

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like