Amankah Menggunakan Teknik Packaging Shrink Wrapping pada Cokelat?

https://www.multikemasplastindo.com/ Shrink wrapping adalah salah satu teknik packaging yang biasanya digunakan untuk membungkus berbagai jenis produk. Cara pengaplikasiannya adalah dengan memberikan eksposure panas pada bahan shrink film sehingga film akan menyusut mengelilingi produk.

Karena menggunakan panas, banyak pelaku industri cokelat yang was-was menggunakan teknik ini karena khawatir cokelat di dalamnya akan ikut meleleh. Tapi untuk bahan-bahan atau produk yang sensitive terhadap panas sebenarnya hanya perlu penggunaan alat dan material yang tepat dalam pengaplikasiannya.

Berikut adalah penjelasan lengkap seputar pengaplikasian teknik shrink wrapping pada produk cokelat:

Mesin pemanas

Untuk penggunaan mesin pemanas, biasanya dilengkapi juga dengan mesin penyegel atau seal machine. Penggunaan seal machine ini tidak akan mempengaruhi cokelat karena hanya diaplikasikan di bagian luar cokelat sehingga meminimalisir paparan panas.

Tahapan yang agak rawan adalah saat cokelat masuk ke tahap pemanasan pada mesin shrink tunnel. Ada dua opsi utama mesin pemanas yang bisa digunakan, heat gun atau shrink tunnel.

Kedua mesin pemanas tersebut bisa digunakan untuk membungkus cokelat dengan teknik shrink wrapping tanpa melelehkan cokelat. Pada shrink tunnel, waktu eksposure panas bisa dikurangi sehingga tidak terlalu lama, sedangkan pada heat gun produk akan terpapar panas yang terfokus dalam waktu yang cukup lama.

Heat gun memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan shrink tunnel tapi efisiensinya akan berbeda karena cokelat akan terpapar panas dalam waktu yang cukup lama hingga shrink film menyusut sempurna, ini bisa berpotensi membuat cokelat meleleh. Jika memilih menggunakan heat gun, disarankan menggunakan shrink film dengan suhu yang rendah sehingga meminimalisir paparan panas.

Mesin shrink tunnel memiliki berbagai jenis ukuran dan pengaturan yang bisa membantu mengurangi paparan panas secara langsung selama proses pengemasan cokelat. Beberapa material shrink film juga hanya membutuhkan beberapa detik paparan panas untuk menyusut melalui shrink tunnel.

Material shrink film

Setelah menentukan alat pemanas yang akan digunakan, pemilihan material shrink film juga merupakan hal penting yang tidak boleh terlewatkan. Ukuran ketebalan setiap material yang akan dibutuhkan nantinya bisa ditentukan berdasarkan ukuran dan berat produk cokelat.

Di bawah ini adalah beberapa material shrink film yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk membungkus cokelat:

PVC
Bahan PVC bisa mulai menyusut pada suhu yang cukup rendah, tapi bahan ini tidak bisa bersentuhan atau terkena kontak langsung dengan bahan makanan. PVC shrink film ini bisa digunakan untuk membungkus bagian luar dari kotak cokelat.

Kekurangan lainnya dari bahan PVC ini adalah aroma menyengat yang dikeluarkan pada saat proses penyusutan dan bentuk hasil akhir yang agak kaku setelah pemaparan panas.

Polyolefin (POF)

POF merupakan material yang cocok untuk membungkus produk cokelat. Tapi, bahan POF memiliki satu kekurangan utama, yaitu membutuhkan suhu yang lebih tinggi dibandingkan material PVC untuk dapat menyusut.

Ketebalan bahan POF shrink film yang digunakan juga mempengaruhi waktu pemaparan panas yang dibutuhkan. Bahan POF yang tipis bisa terkena kontak langsung dengan makanan, bahan tipis ini juga membutuhkan suhu yang lebih rendah dan waktu paparan panas yang lebih sedikit untuk menyusut.

baca juga

Polyolefin (POF) suhu rendah

Jenis bahan POF ini dibuat khusus untuk membungkus produk-produk yang sensitif terhadap suhu, termasuk cokelat. Material POF suhu rendah ini juga disetujui oleh badan otoritas makanan untuk terkena kontak langsung dengan bahan makanan.

Bahan ini membutuhkan suhu yang lebih rendah untuk menyusut dibandingkan dengan bahan POF standard, suhunya hampir setara dengan suhu yang dibutuhkan untuk menyusutkan bahan PVC.

Salah satu yang terkenal menjual produk stretch film dan shrink film berkualitas tinggi dengan harga murah adalah Multi Kemas Plastindo (MKP). Perusahaan ini memiliki banyak jenis pilihan packaging seperti PE, POF, PVC, dan plastic packaging lainnya.

Alamat: Jl. Bahagia Permai 1 No.17. Kec. Buah Batu, Kota Bandung 40286, Jawa Barat

Phone: (022) 751 4190

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like