Mengenal Berbagai Jenis Shrink Wrap

https://www.multikemasplastindo.com Shrink wrapping adalah salah satu teknik packaging yang menggunakan material plastik bernama shrink film. Shrink film adalah jenis plastik yang memiliki sifat dapat menyusut mengikuti bentuk produk ketika dikenai panas dalam jangka waktu tertentu.

Ada berbagai tipe dan jenis material shrink wrap yang bisa digunakan untuk mengemas berbagai jenis produk. Berikut adalah beberapa jenis shrink wrap yang biasanya digunakan untuk keperluan packaging:

Centerfold shrink wrap

Jenis ini adalah salah satu yang paling umum digunakan untuk keperluan packaging. Centerfold shrink wrap dikemas dalam bentuk terlipat dengan ukuran setengah panjangnya dan digulung dalam gulungan.

Ini bisa memudahkan pengguna untuk memasukkan produk yang akan dikemas di antara film, menyegel bagian yang terbuka, dan mengaplikasikan panas. Jenis centerfold shrink wrap biasanya terbuat dari material plastik PVC dan Polyolefin (POF), walaupun ada juga beberapa yang menjual jenis material Polyethylene (PE).

Shrink sleeves

Jenis ini juga merupakan yang paling umum digunakan untuk keperluan packaging. Shrink sleeves biasanya di-print dengan memuat ilustrasi atau logo produk lalu ditempatkan di luar botol atau produk.

Jenis shrink film ini memiliki daya menyusut yang cukup rendah untuk menghindari kerusakan hasil print saat penyusutan.

Shrink tubing

Sebenarnya bentuk shrink tubing dan shrink sleeves sedikit mirip, bedanya adalah shrink tubing berbentuk gulungan panjang sementara shrink sleeves dipotong untuk disesuaikan dengan ukuran produk yang dikemas. Shrink film jenis shrink tubing biasanya terbuat dari material PVC atau Polyethylene (PE).

Bahan PVC biasanya digunakan untuk mengemas barang berukuran panjang, sedangkan bahan Polyethylene (PE) biasanya digunakan untuk mengemas produk cairan atau dalam bentuk kaleng.

Shrink banding

Shrink film jenis shrink banding merupakan bentuk lain yang lebih kecil dari jenis shrink sleeves dan shrink tubing. Beberapa orang mungkin familiar mengenali jenis ini sebagai segel pengaman pada obat atau peralatan mandi.

Shrink banding biasanya terbuat dari bahan PVC dan bisa menyusut pada suhu panas yang cukup rendah. Kebanyakan jenis shrink banding dibuat custom untuk disesuaikan dengan ukuran botol yang akan dikemas.

baca juga

Shrink bag

Jenis shrink film ini cukup mudah dikenali, yaitu memiliki tiga sisi yang tertutup dan satu sisi yang terbuka, bentuknya mirip kantong plastik yang biasa ditemui. Pengguna hanya perlu memasukkan produk ke dalam kantong, menyegel bagian yang terbuka, dan mengaplikasikan panas.

Shrink bag biasanya terbuat dari material PVC, tapi sekarang banyak juga yang menyediakan shrink bag dari bahan Polyolefin (POF) yang aman untuk makanan.

Industrial shrink wrap (shrink wrap untuk keperluan industri)

Jenis shrink wrap ini biasanya berukuran sangat tebal dan dibuat untuk mengemas objek berukuran besar. Salah satu penggunaannya yang paling umum adalah untuk mengemas kapal yang sedang tidak digunakan.

Jenis shrink film ini biasanya terbuat dari bahan Polyethylene (PE) atau Polypropylene. Kedua material ini diformulasikan sedemikian rupa untuk bisa kuat menghadapi berbagai perubahan suhu dan cuaca.

Single wound shrink wrap

Bentuk shrink film ini agak mirip dengan centerfold shrink wrap, tapi bedanya jenis ini tidak terlipat setengah. Material yang paling umum digunakan untuk single wound shrink wrap adalah Polyethylene (PE).

Salah satu yang terkenal menjual produk stretch film dan shrink film berkualitas tinggi dengan harga murah adalah Multi Kemas Plastindo (MKP). Perusahaan ini memiliki banyak jenis pilihan packaging seperti PE, POF, PVC, dan plastic packaging lainnya.

Alamat: Jl. Bahagia Permai 1 No.17. Kec. Buah Batu, Kota Bandung 40286, Jawa Barat

Phone: (022) 751 4190

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like