Membeli Stretch Wrap Machine

https://www.multikemasplastindo.com/ – Penggunaan teknik packaging stretch wrapping semakin banyak diminati belakangan ini. Bagi pelaku industri yang memang sudah menggunakan stretch wrap, perlu dipertimbangkan untuk beralih dari manual menjadi menggunakan stretch wrap machine.

Stretch wrap machine bisa menghemat waktu packaging, lebih maksimal mengemas produk, dan juga mengurangi kerusakan material film. Tapi, karena harga stretch wrap machine yang cukup mahal, perlu pertimbangan yang matang sebelum memilih untuk menggunakannya.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli stretch wrap machine:

Apakah akan membeli mesin yang baru atau second?

Stretch wrap machine yang baru pastinya akan menghabiskan cukup banyak budget daripada yang second, tapi mesin baru ini akan memiliki garansi yang baru dan juga komponen-komponen model terbaru. Jika bisa menemukan merek yang tepat, mesin bisa bertahan hingga bertahun-tahun tanpa masalah.

Di sisi lain, stretch wrap machine versi second akan memiliki harga yang lebih murah dan terkadag bahkan memiliki keuntungan dan fungsi yang sama dengan mesin yang baru. Yang perlu diwaspadai adalah, mesin bekas pakai ini tidak memiliki garansi, selain itu untuk mesin versi lama juga terkadang akan sulit memperbaikinya jika rusak karena komponen-komponennya yang sulit dicari.

Bagaimana pallet atau barang akan dinaikkan ke mesin?

Sebelum stretch wrap machine bisa bekerja, barang yang akan dibungkus harus dinaikkan ke bagian turntable yang bisa berputar. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menaikkan barang, bisa menggunakan forklift atau memasang ramp (jalur tanjakan kecil) yang bisa memudahkan peletakkan barang secara manual menggunakan tangan.

Sebelum membeli stretch wrap machine pertimbangkan juga untuk memasang jenis ramp yang sesuai dengan ukuran barang dan juga area sekitar pemasangan mesin.

Apakah bagian pre-stretched head diperlukan?

Pertanyaan ini berkaitan dengan jenis material stretch film yang akan digunakan pada mesin. Pada stretch wrap machine ada bagian bernama pre-stretched head yang bertugas merenggangkan stretch film sebelum digunakan.

Apabila stretch wrap machine yang akan dibeli tidak memiliki bagian pre-stretched head, pastikan untuk menggunakan jenis pre-stretched film, yaitu material film yang sudah direnggangkan hingga mencapai batas maksimalnya sebelum dikemas menjadi gulungan. Pre-stretched film juga dapat membantu menghemat ongkos penggunaan film secara signifikan.

Berapa ukuran barang terbesar dan terkecil yang akan dibungkus?

Mengetahui ukuran panjang, lebar, tinggi, dan berat barang sebelum membeli stretch wrap machine sangatlah penting. Ukuran barang yang terlalu panjang bisa mengenai mesin saat berputar, barang yang terlalu tinggi bisa tidak terbungkus sepenuhnya, dan barang yang terlalu pendek bisa tidak terdeteksi oleh sensor mesin.

Karena banyaknya masalah yang mungkin timbul, penting untuk memastikan barang yang dibungkus tidak terlalu besar untuk stretch wrap machine yang dipilih.

Apakah benar akan menghemat biaya?

Mungkin ada banyak pelaku industri yang membeli stretch wrap machine dengan anggapan akan dapat menghemat biaya packaging, tapi semua ini perlu dihitung juga dengan volume produksi barang yang perlu dibungkus.

Perlu dihitung berapa kira-kira perbandingan biaya pembelian mesin dengan jumlah produk yang diproduksi. Untuk industri kecil yang hanya memproduksi sedikit barang per harinya, mungkin saja harga beli stretch wrap machine ini jika dihitung-hitung tidak sebanding dan justru merugikan.

Salah satu yang terkenal menjual produk stretch film dan shrink film berkualitas tinggi dengan harga murah adalah Multi Kemas Plastindo (MKP). Perusahaan ini memiliki banyak jenis pilihan packaging seperti PE, POF, PVC, dan plastic packaging lainnya.

Alamat: Jl. Bahagia Permai 1 No.17. Kec. Buah Batu, Kota Bandung 40286, Jawa Barat

Phone: (022) 751 4190

Mengenal Jenis Stretch Wrap Machine Semi-Otomatis

Karena harganya yang mahal, membeli stretch wrap machine memang butuh banyak pertimbangan. Salah satu yang patut dipertimbangkan adalah apakah harus memilih mesin yang otomatis atau semi-otomatis.

Stretch wrap machine versi semi-otomatis masih membutuhkan tenaga manusia untuk bisa memulai proses pengemasan. Harus ada pekerja yang meletakkan barang pada posisinya dan juga mengatur pengaturan mesin sebelum proses pengemasan bisa dimulai, beberapa model bahkan membutuhkan orang untuk memotong stretch film setelah proses pengemasan selesai.

Untuk stretch wrap machine versi otomatis, butuh lebih sedikit tenaga manusia selama proses pengemasan. Mesin bisa dijalankan dengan menggunakan remote kontrol, dan tenaga manusia hanya dibutuhkan saat ada stretch film yang rusak atau bahan stretch film perlu diisi ulang.

Pada artikel kali ini yang akan dibahas adalah stretch wrap machine versi semi-otomatis. Ada berbagai tipe dan model mesin yang bisa dipilih, tapi dua yang paling umum digunakan adalah turntable dan straddle.

baca juga

Turntable

Pada jenis mesin ini, barang akan ditempatkan pada bagian turntable yang akan berputar sementara mesin bekerja naik turun memasangkan stretch film. Biasanya turntable bisa berputar hingga 12 – 15 kali putaran per menit, sehingga barang harus cukup stabil untuk bisa berputar tanpa terjatuh saat proses pengemasan.

Jika barang terlalu ringan atau tidak stabil, ada beberapa solusi yang bisa diterapkan. Mesin bisa diatur untuk berputar lebih lambat atau bisa ditambah alat untuk menstabilkan barang saat diputar.

Stretch wrap machine jenis turntable ini merupakan yang paling digemari diantara jenis stretch wrap machine lainnya. Alasannya adalah karena mesin jenis turntable ini bisa digunakan untuk berbagai jenis aplikasi teknik stretch wrapping pada berbagai jenis produk.

Bahan pertimbangan lainnya adalah penempatan mesin. Stretch wrap machine jenis turntable ini cukup mudah untuk dipindah-pindah jika diperlukan, walaupun pemindahan yang terlalu sering tidak direkomendasikan.

Stretch wrap machine jenis straddle pemasangannya permanen, karena lengan mesin bisa berputar dengan kecepatan yang cukup tinggi, mesin harus ditempatkan secara stabil di lantai.

Straddle

Pada stretch wrap machine jenis straddle, barang akan ditempatkan di lantai di tengah-tengah area wrap (wrap zone). Barang akan tetap diam dan tidak bergerak selagi lengan mesin bergerak mengelilinginya.

Mesin akan bergerak naik-turun dan mengitari produk untuk pengemasan film yang menutupi secara sempurna. Jenis mesin ini akan sangat berguna untuk barang yang sangat ringan atau tidak stabil sehingga memiliki kemungkinan jatuh jika diputar pada turntable.

Stretch wrap machine jenis straddle ini juga sangat cocok untuk jenis barang yang sangat berat hingga sulit berputar pada turntable. Biasanya, mesin jenis turntable akan memiliki berat maksimum barang yang bisa diangkut, jika melebihi itu direkomendasikan untuk beralih menggunakan stretch wrap machine jenis straddle.

Stretch wrap machine jenis straddle biasanya membutuhkan lebih banyak ruang. Di sekeliling mesin juga dibutuhkan sedikit luas tambahan untuk keperluan pengamanan saat lengan mesin bergerak di sekitar barang.

Jenis mesin straddle ini juga memiliki kaki-kaki yang besar sebagai dasar yang membantu menstabilkan mesin saat bergerak dalam proses pengemasan. Ukuran mesin juga cukup tinggi jika dibandingkan dnegan jenis turntable.

Salah satu yang terkenal menjual produk stretch film dan shrink film berkualitas tinggi dengan harga murah adalah Multi Kemas Plastindo (MKP). Perusahaan ini memiliki banyak jenis pilihan packaging seperti PE, POF, PVC, dan plastic packaging lainnya.

Alamat: Jl. Bahagia Permai 1 No.17. Kec. Buah Batu, Kota Bandung 40286, Jawa Barat

Phone: (022) 751 4190

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *