Panduan Memilih Ketebalan Plastik Stretch Film

Ketebalan Plastik Stretch Film

Multikemasplastindo – Dalam penggunaan stretch film, baik untuk keperluan di gudang, pusat distribusi, ataupun bagian pengiriman industri skala kecil sekalipun, sangatlah penting untuk memilih ukuran ketebalan yang tepat. Dengan pemilihan stretch film yang tepat, proses pengiriman barang anda dapat terjamin keamanannya dari resiko kerusakan atau kehilangan.

Sebelum memilih dan membeli stretch film , anda pasti akan dihadapkan dengan berbagai pilihan stretch film dengan jenis yang berbeda. Salah satu yang membedakannya adalah dari segi ketebalan.

Stretch film yang dijual di pasaran biasanya memang memiliki ukuran ketebalan masing-masing. Yang menyulitkan biasanya adalah, ukuran ketebalan ini menggunakan satuan yang tidak umum bagi orang Indonesia, seperti Micron dan Gauge.

Mengapa memilih ketebalan stretch film yang tepat sangat penting

Sebelum kita masuk dan mengenal lebih jauh tentang ukuran ketebalan stretch film, pertama-tama penting untuk memastikan anda paham mengapa pemilihan ketebalan ini sangatlah penting.

Beberapa faktor yang membedakan jenis stretch film adalah daya tahan terhadap robekan dan berapa berat yang kuat ditahan sebelum jatuh. Kedua faktor ini sangat erat kaitannya dengan ketebalan plastik stretch film.

Faktanya, setiap jenis ketebalan stretch film memiliki batas berat masing-masing yang mampu ditahannya. Misalnya, dalam standard industri, plastik stretch film setebal 80 gauge biasanya mampu menahan beban hingga sekitar 36,32 kg. Artinya, anda butuh stretch film yang lebih tebal jika barang yang harus dikemas lebih berat.

Jika anda biasanya butuh stretch film untuk mengemas barang-barang ringan, anda mungkin bisa menghemat ongkos dengan menggunakan stretch film yang lebih tipis. Semakin kecil ukuran ketebalan stretch fil, biasanya harganya juga semakin murah.

Ketebalan Plastik Stretch Film

Satuan ketebalan plastik stretch film

Satuan yang paling umum digunakan dalam mengukur ketebalan plastik stretch film adalah Gauge. Biasanya stretch film tersedia pada rentang ukuran 37 – 150 Gauge.

Gauge bisa dikonversi menjadi satuan mils, micron, atau satuan lainnya. Berikut adalah tabel konversi yang dapat memudahkan anda memperkirakan ukuran plastik stretch film:

GaugeMilMicronMilimeterInci
350,358,90,00890,00035
450,4511,40,01140,00045
500,512,70,01270,0005
600,615,20,01520,0006
800,820,30,02030,0008
100125,40,02540,001
1201,230,50,03050,0012
1501,538,10,03810,0015
1801,845,70,04570,0018
200250,80,05080,002

Apa itu Micron?

Di antara satuan-satuan ketebalan di atas, mungkin Micron adalah yang terdengar paling asing karena cukup jarang digunakan di Indonesia. Micron adalah ukuran kecil unit pengukuran yang mengukur panjang, dan merupakan nama lain dari micrometer. Micron bisa dikonversi menjadi 1000 milimeter atau satu per satu juta meter.

Benda berukuran satu Micron tidak bisa dilihat langsung oleh mata manusia. Sebagai perbandingan, rambut manusia memiliki ukuran lebar sekitar 50 Micron.

Satuan Micron biasanya banyak digunakan di berbagai industri seperti biologi (untuk mengukur ukuran sel), dan teknik kimia (untuk mengukur filtrasi partikel.

Faktor-faktor yang menentukan kebutuhan ketebalan stretch film

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat membantu anda menentukan jenis ketebalan stretch film yang sesuai dengan kebutuhan anda:

  • Berapa berat barang? Semakin berat barang, maka beban yang ditanggung stretch film akan semakin besar, berarti anda akan membutuhkan stretch film yang lebih kuat
  • Apa bentuk barang? Barang-barang berbentuk seragam, seperti kardus berukuran sama, membutuhkan daya tahan stretch film yang lebih sedikit dibandingkan barang berbentuk asimetris ataupun barang dengan ujung yang tajam
  • Apa jenis stretch film yang anda gunakan? Ketebalan bukanlah satu-satunya faktor penentu daya tahan stretch film. Jenis yang berbeda, seperti cast vs blown, juga memiliki sifat dan daya tahan yang berbeda-beda.

Macam-macam ketebalan plastik stretch film

Sekarang saatnya anda mempelajari tentang jenis-jenis ketebalan stretch film yang beredar di pasaran. Berikut adalah daftar beberapa ketebalan stretch film yang biasanya dijual di pasaran. Tapi perlu diingat juga bahwa terkadang ada yang menjual dengan ketebalan lain yang diatur sendiri oleh produsen.

 

baca juga

37 Gauge

Jenis ketebalan ini sedikit berbeda dari yang lain. Alasannya adalah karena stretch wrap dengan ketebalan 37 Gauge sebenarnya adalah stretch film biasa dengan tebal 80 Gauge yang sudah di-pre-stretch sehingga menjadi lebih tipis dan lebih ringan.

Ukuran ini biasanya diperuntukkan untuk jenis pre-stretch wrap yang berukuran ringan. Cocok untuk mengemas barang dengan ukuran seragam. Mampu menahan beban hingga 363,2 kg.

47 Gauge

Termasuk dalam jenis hybrid atau equivalent film. Artinya, jenis stretch wrap ini dibuat dengan tipe resin yang berbeda dan memberikan kualitas stretch film yang lebih kaku dan daya renggang yang lebih rendah.

Hasilnya, walaupun terhitung tipis, equivalent film biasanya memiliki daya tahan yang setara dengan stretch film lain yang lebih tebal. Pada kasus ketebalan 47 Gauge ini, daya tahannya setara dengan stretch film biasa berukuran 60 Gauge.

Cocok digunakan mengemas kotak atau casing. Memiliki daya tahan kuat dan mampu menahan beban hingga 817,2 kg.

60 Gauge

Jenis ini adalah jenis true-gauge film, artinya jika diukur menggunakan micrometer, akan benar-benar terukur 60 micron. Jenis stretch film ringan yang cocok untuk barang berukuran ringan hingga agak berat. Mampu menahan beban hingga 817,2 kg.

63 Gauge

Walaupun hanya lebih tebal 3 micron dibanding jenis sebelumnya, jenis film 63 Gauge ini memiliki daya tahan yang lebih kuat terhadap tusukan dan robekan. Ini juga merupakan jenis hybrid atau equivalent film, biasanya dijual sebagai film dengan ukuran 16 micron. Mampu menahan beban hingga 998,8 kg.

80 Gauge

Jenis stretch film serbaguna yang mampu menahan beban 998,8 kg hingga 1,1 ton. Ini adalah jenis ketebalan stretch film yang paling umum beredar di pasaran karena bisa digunakan untuk berbagai aplikasi.

Selain itu, jenis 70 Gauge juga biasanya banyak dijual karena memiliki daya tahan dan kualitas perlindungan yang mirip dengan 80 Gauge.

100 Gauge

Jenis stretch film khusus barang berat, mampu menahan beban 1,28 – 1,36 ton, atau bahkan lebih. Jenis machine stretch wrap dengan ketebalan ini cocok digunakan untuk mengemas pallet berukuran berat ataupun barang-barang berbentuk asimetris seperti balok baja atau drum besi.

Stretch film yang dianggap stretch film khusus barang berukuran berat biasanya dimulai dari ketebalan 90 Gauge.

150 Gauge

Stretch film khusus barang yang sangat berat dan merupakan jenis ketebalan stretch film yang paling tebal. Cocok untuk barang dengan ujung tajam ataupun barang berat berbentuk asimetris yang rawan bergerak saat proses pengiriman.

Biasanya harus diaplikasikan menggunakan mesin supaya bisa mencapai daya renggang yang tepat. Jenis stretch film ini juga cocok untuk mengemas barang berukuran tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like