Plastik Stretch Film Didaur Ulang

Bisakah Plastik Stretch Film Didaur Ulang?

Multikemasplastindo – Di era modern sekarang, salah satu tantang terbesar bagi umat manusia adalah berusaha menjaga dan melindungi bumi dari kerusakan alam. Salah satu material yang paling banyak merusak lingkungan adalah sampah plastik.

Sampah plastik yang dibuang sembarangan pada akhirnya akan berakhir di dalam tanah atau di laut. Di dalam tanah plastik butuh waktu ribuan tahun untuk terurai, di laut plastik bisa mencemari ekosistem laut dan merusak habitat para hewan.

Cara terbaik untuk mengatasinya sekarang adalah dengan melakukan daur ulang, yaitu menggunakan kembali plastik bekas pakai atau mengolahnya menjadi produk lain yang juga bermanfaat.

Mengapa mendaur ulang stretch film?

Stretch film adalah salah satu penyumbang terbesar sampah plastik di dunia. Jika tidak didaur ulang, sampah stretch film hanya bisa dibuang begitu saja dan akhirnya akan mencemari lingkungan. Setiap tahunnya ada sekitar ribuan kg stretch film yang dibuang.

Mendaur ulang stretch film menawarkan opsi lain yang lebih menarik daripada pembuangan. Ada banyak industri daur ulang yang tertarik untuk membeli dan mendaur ulang sampah stretch film dari industri.

Selain itu, stretch film juga cukup mudah untuk diidentifikasi dan dikumpulkan. Biasanya juga stretch film yang bekas pakai masih cukup bersih dan tidak terkontaminasi. Sampah stretch film yang seperti ini masih memiliki nilai jual yang tinggi.

Bisakah plastik stretch film didaur ulang?

Jawabannya singkat, iya. Stretch film biasanya terbuat dari LLDPE (linear low density polyethylene) yang termasuk plastik kategori 4 dalam sistem daur ulang.

Stretch film yang sudah beredar di pasaran lebih sulit untuk dikumpulkan, misalnya plastik pembungkus rokok atau stretch film pembungkus sayuran. Sebaliknya, plastik stretch film bekas pakai dari industri yang langsung bisa dikumpulkan di gudang pusat.

Mendaur ulang plastik stretch film tidak hanya mampu menyelamatkan lingkungan, tapi juga mendatangkan keuntungan.

Plastik Stretch Film Didaur Ulang
Plastik Stretch Film Didaur Ulang

Bagaimana mendaur ulang stretch film bisa mendatangkan keuntungan?

Menghemat biaya pembuangan

Plastik stretch film adalah salah satu komponen sampah terbesar yang terdapat di gudang atau pusat distribusi. Setiap tahunnya, ribuan kilogram stretch film bekas bisa dikumpulkan dari sebagian besar gudang dan pusat distribusi dari berbagai industri.

Dengan menghilangkan plastik stretch film dari sistem pembuangan anda, anda akan secara alami menghemat biaya. Yaitu dengan mengurangi biaya pengangkutan sampah ke tempat pembuangan.

Program daur ulang stretch film biasanya akan menawarkan total biaya yang lebih murah untuk keseluruhan proses pengumpulan dan penjemputan. Yang perlu diperhatikan adalah, proses daur ulang ini harus menjadi komitmen jangka panjang, supaya semua sistem bisa berjalan lebih efisien.

Bisa menjadi sumber pemasukan

Mendaur ulang stretch film mungkin bisa menjadi alternatif yang menarik dibandingkan langsung membuangnya begitu saja. Tidak hanya bisa menghemat biaya, sampak plastik stretch film juga bisa mendatangkan pemasukan untuk perusahaan anda.

Sekarang ini sudah ada pasar yang cukup luas yang memang sengaja mencari stretch film bekas pakai dari berbagai industri. Banyak perusahaan daur ulang yang sengaja mencari bisnis dengan sampah plastik yang bersih, seperti stretch film, untuk didaur ulang.

Selain itu, stretch film termasuk cukup mudah untuk dikumpulkan. Ketika barang datang dalam keadaan terbungkus stretch film, biasanya film tersebut masih bersih dan tidak terkontaminasi.

Jika dipertahankan seperti itu, plastik bekas stretch film masih mungkin memiliki nilai jual yang tinggi. Bahkan jika dihitung-hitung, stretch film bisa menjadi sampah material paling berharga yang bisa dijual dari gudang atau pusat distribusi.

Customer akan menghargai usaha anda

Jaman sekarang, jumlah customer yang menghargai perusahaan yang melakukan daur ulang semakin meningkat. Itu artinya banyak customer yang semakin menyadari pentingnya daur ulang plastik untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Tidak ada salahnya mulai merencanakan program daur ulang dari sekarang. Usaha anda bisa membawa dampak positif pada citra brand anda dan menarik minat para calon customer.

Bisa dilakukan sendiri

Jika perusahaan anda memiliki sumber daya yang cukup, proses daur ulang plastik stretch film juga bisa dilakukan sendiri. Anda bisa menyediakan peralatan khusus yang bisa mendaur ulang plastik menjadi resin lagi dan menggunakannya lagi untuk memproduksi produk lain.

Untuk melakukan ini dibutuhkan biaya, ruang, sistem manajemen, peralatan, dan sumber daya manusia yang mencukupi. Alternatifnya, anda bisa juga menggunakan jasa perusahaan daur ulang plastik.

Mendaur ulang plastic packaging

Karena jenis plastic packaging sangat banyak digunakan di dunia, jenis plastik ini merupakan target utama untuk program daur ulang lingkungan. Beberapa penggunaan plastic packaging diantaranya adalah untuk produk makanan, sayur dan buah, buku, dan produk-produk lain.

Sistem yang dibangun untuk mendaur ulang stretch film mungkin bisa menjadi kunci sukses program daur ulang plastik jenis lain ke depannya.

Bagaimana sistem daur ulang plastik bekerja?

Proses mendaur ulang plastik film (dari material resin LDPE) merupakan proses panjang yang butuh banyak peralatan khusus. Produk plastik yang sudah selesai didaur ulang akan dipotong, dicuci, dilelehkan, dan dicetak hingga menjadi plastic pellet.

Plastic pellet ini lalu bisa dijual kepada pabrik plastik yang akan menggunakannya untuk berbagai keperluan khusus. Contohnya adalah blow moulding untuk pembuatan botol plastik, dsb.

Proses daur ulang plastik stretch film dimulai dari proses inspeksi. Proses ini dilakukan untuk memilah material asing, bahan kontaminan, atau jenis plastik lain.

Karena setiap jenis plastik memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda, proses daur ulang harus dibedakan berdasarkan tipe material resin yang dikandungnya. Setelah selesai di-inspeksi, plastik dibersihkan dan dibentuk menjadi ukuran yang lebih mudah ditangani untuk proses selanjutnya.

Terkadang, beberapa plastik yang kotor atau terkontaminasi butuh pemisahan lain dengan proses diapungkan. Jenis plastik tertentu akan mengapung, dan yang lainnya yang memiliki massa jenis lebih tinggi akan tenggelam.

Setelahnya plastik dilelehkan dan dicetak. Plastik yang sudah meleleh diteliti lagi dan disaring dari bahan kontaminan. Plastik akan keluar dalam bentuk plastic pellet dan siap untuk dipasarkan.

baca juga

Tantangan mendaur ulang plastik

Mendaur ulang stretch film mungkin terdengar lebih mudah daripada mendaur ulang plastik jenis lain. Tapi secara umum, tingkat daur ulang plastik di dunia masih rendah.

Walaupun begitu, sekarang sudah semakin banyak orang yang menanyakan apakah stretch film bisa didaur ulang dan melakukan riset tentang itu, jadi tingkat daur ulang plastik bekas konsumsi mengalami peningkatan.

Melakukan daur ulang mungkin memang cara yang tepat untuk menghindari kerusakan lingkungan, tapi sebenarnya banyak perusahaan yang bisa menggunakan lebih sedikit plastik stretch film dalam aplikasinya.

Apakah menggunakan jenis stretch film yang lebih tipis berarti bisa menggunakan lebih sedikit film? Belum tentu.

Apakah sistem tradisional 3 lapisan stretch film di semua sisi barang benar-benar optimal dan diperlukan? Tentu saja tidak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *