Persamaan dan Perbedaan Plastik Stretch dan Plastik Wrap

persamaaan dan perbedaaan Plastik Stretch dan Plastik Wrap

Multikemasplastindo – Plastik sebagai pengemas barang memiliki beragam jenis dan macamnya. Hal ini dibedakan dari bentuk, bahan penyusun, serta kegunaan atau fungsinya dalam kebutuhan sehari-hari. Salah satunya adalah plastik stretch dan plastik wrap.

Kedua plastik ini memiliki bentuk yang hampir sama dan kegunaan yang hampir mirip pula. Sehingga tidak sedikit orang yang terkecoh salah membeli plastik dengan beragam kegunaan ini. Pada artikel kali ini akan dibahas perbedaan dari plastik stretch dan plastik wrap.

Persamaan Plastik Stretch dan Plastik Wrap, Apa Saja?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, plastik stretch dan plastik wrap memiliki bentuk yang hampir sama. Selain bentuk, terdapat beberapa kesamaan lain dari kedua jenis plastik ini. Antara lain:

Karakteristik dan Sifat Plastik

1. Elastis

Plastik Stretch dan plastik wrap memiliki tingkat elastisitas yang tinggi, sehingga saat diaplikasikan pada permukaan benda lainnya, plastik ini tidak memerlukan tambahan atau bantuan lem atau jenis perekat lain agar plastik saling merekat dengan permukaan benda.

2. Transparan

Kedua jenis plastik ini memiliki warna asli yang transparan atau tidak memiliki warna. Namun untuk beberapa kebutuhan, kedua plastik ini dapat diproduksi dengan penambahan print atau cetakan warna-warna tertentu hingga motif lainnya, menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen tanpa mengurangi daya guna dari kedua plastik.

Sifatnya yang transparan juga membantu produk tetap terlihat dengan baik dalam radius penglihatan tertentu namun juga sifat buram plastik menjaga produk terlihat terlalu jelas sehingga mencegah adanya pencurian pada palet barang.

3. Kedap Air

Baik plastik stretch dan plastik wrap memiliki sifat kedap atau tahan terhadap air, uap, hingga minyak panas. Hal ini membuat plastik stretch dan plastik wrap sangat aman digunakan sebagai penutup atau pelindung makanan hingga pelapis palet barang yang hendak didistribusikan. Selain itu, kedua jenis plastik ini tidak mudah memuai. Sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam berbagai aplikasi.

4. Resisten terhadap Kotoran

Selain kedap atau tahan akan air, uap dan minyak, plastik stretch dan plastik wrap juga resisten atau tahan terhadap asam. Zat asam yang terpapar langsung pada produk dapat mengubah rasa dan bentuk asli produk. Maka dari itu, penggunaan kedua plastik ini sangat cocok untuk melindungi produk.

Selain zat asam, plastik stretch dan plastik wrap juga resisten terhadap berbagai kotoran. Beberapa jenis kotoran, seperti debu, yang masuk pada produk dapat merusak kinerja produk hingga merubah kualitas, sehingga diperlukan perlindungan lebih dari plastik stretch atau plastik wrap.

5. Tahan Lama

Dengan tingkat elastisitas yang cukup tinggi, baik plastik stretch dan plastik wrap cenderung tidak mudah sobek atau rusak saat diaplikasikan pada benda. Kedua plastik ini dapat melindungi benda dengan sempurna.

Sifat elastisitas dari plastik stretch dan plastik wrap membuat plastik ini dapat dibentuk atau mengikuti bentuk benda dengan mudah dan tahan terhadap penyebab kerusakan. Seperti tusukan, yang dapat merobek plastik.

6. Menambah Stabilitas Palet Barang

Pengaplikasian plastik stretch dan plastik wrap pada palet dapat menambah kestabilan dari palet tersebut. Hal ini sangat berguna dalam proses pengiriman dan penyimpanan, dimana palet tidak mudah jatuh dan tidak mudah rusak.

Selain itu, penggunaan kedua jenis plastik ini pada palet dapat membantu palet mudah untuk dipindahkan. Yang dimana sangat membantu saat kegiatan pengiriman dan penyimpanan sangat tinggi.

persamaaan dan perbedaaan Plastik Stretch dan Plastik Wrap
persamaaan dan perbedaaan Plastik Stretch dan Plastik Wrap

Bentuk Plastik

Plastik stretch dan plastik wrap memiliki bentuk dan karakteristik yang sama, sehingga sering membingungkan para konsumen saat membeli. Kedua plastik ini sama-sama memiliki bentuk lapisan plastik yang tipis, ringan dan digulung pada paper cone.

Selain itu, produk jadi awal dari kedua plastik ini memiliki bentuk yang transparan dengan sedikit buram, sehingga semakin sulit dibedakan satu dengan yang lain.

Kegunaan atau Fungsi Plastik

Baik plastik stretch dan plastik wrap sama-sama memiliki kegunaan sebagai plastik pengemas suatu barang. Kedua plastik ini sama-sama berguna melindungi produk dari kerusakan dan kotoran dengan tingkat memuai yang rendah.

Perbedaan Plastik Stretch dan Plastik Wrap

Meski memiliki beberapa kesamaan, plastik stretch dan plastik wrap juga memiliki beberapa perbedaan.

Plastik Stretch

Sama-sama dapat digunakan untuk melindungi barang, plastik stretch ternyata tidak termasuk jenis plastik dengan food grade atau aman untuk makanan. Penggunaan plastik tanpa food grade sangat berbahaya untuk makanan karena beberapa zat berbahaya pada plastik dapat mudah larut dalam makanan. Zat-zat berbahaya ini dapat menyebabkan penyakit berbahaya yang menyerang organ tubuh manusia.

Plastik stretch umumnya digunakan untuk pengemasan barang atau produk industri, produk rumah tangga – seperti furniture, alat-alat rumah tangga dan mengemas palet barang yang hendak dikirim atau disimpan dalam waktu lama.

Meski berbentuk plastik tipis dengan bobot yang ringan, plastik stretch mampu melindungi produk barang dalam palet dari berbagai kerusakan. Dalam kebutuhan sektor industri, plastik stretch umumnya digunakan sebagai plastik pembungkus produk yang akan dikirim dalam ataupun luar negeri. Sifatnya yang lentur dan kuat mampu melindungi palet dari kerusakan serta menambah stabilitas palet sehingga tidak mudah pecah atau rusak dalam proses pengiriman.

Dalam sektor rumah tangga, plastik stretch biasa digunakan sebagai pembungkus alat-alat rumah tangga dari debu ataupun kotoran yang dapat merubah bentuk asli barang dan merusak fungsi dari barang tersebut. Biasanya, plastik stretch diaplikasikan pada barang yang hendak disimpan dalam gudang ataupun saat keperluan pindah rumah.

Plastik Wrap

Plastik wrap lebih familiar untuk masyarakat awam dibandingkan dengan plastik stretch. Plastik wrap adalah produk plastik pengemas yang lebih diperuntukkan dalam pengemasan atau penyimpanan makanan. Berbeda dengan plastik stretch, plastik wrap termasuk dalam jenis plastik yang aman digunakan pada produk makanan dan minuman.

Plastik wrap memiliki spesifikasi food grade atau aman untuk makanan dan terbuat dari bahan Low-Density Polyethylene atau LDPE. Jenis plastik ini tidak memiliki bahan berbahaya yang dapat larut pada makanan atau memiliki zat yang tahan terhadap berbagai suhu makanan dan minuman.

Jenis plastik ini banyak digunakan dalam kebutuhan rumah tangga atau kebutuhan sektor makanan dan minuman, seperti di restoran atau kedai kopi. Plastik wrap digunakan untuk membungkus makanan dan minuman agar tidak mudah tumpah dan menghindarkan makanan dari berbagai kotoran.

baca juga

Selain itu, makanan atau minuman yang dikemas menggunakan lapisan plastik wrap juga lebih tahan lama waktu penyimpanannya. Plastik wrap juga dapat digunakan untuk mengemas bahan baku segar, seperti sayuran atau ikan dan ayam yang belum diolah. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesegaran bahan baku selama disimpan di dalam lemari pendingin.

MKP atau Multi Kemas Plastindo adalah salah satu distributor plastik wrap dan plastik stretch Bandung yang memenuhi berbagai kebutuhan, mulai dari kebutuhan industri hingga kebutuhan rumah tangga. MKP bertempat di Jl. Bahagia Permai 1 No. 17. Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung 40286, Jawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Mesin Wrapping
Read More

Mesin Wrapping

https://www.multikemasplastindo.com/ – Plastik stretch menjadi salah satu jenis plastik kemasan yang umum digunakan masyarakat dalam berbagai kebutuhan. Baik…