Heat Shrink Film

Heat Shrink Film

multikemasplastindo – Ada berbagai jenis plastik yang biasanya digunakan dalam industri packaging, salah satunya adalah shrink film. Shrink film adalah material yang terbuat dari plastik film polimer yang memiliki karakteristik akan menyusut menutupi produk jika dikenai panas.

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Setiap Jenis Heat Shrink Film

Beberapa jenis plastik yang biasa digunakan diantaranya adalah Polyvinyl Chloride (PVC), Polyolefin (POF), dan Polyethylene (PE). Berikut adalah uraian lengkap seputar kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis heat shrink film ini:

Polyvinyl Chloride (PVC)

Polyvinyl chloride adalah jenis plastik yang paling banyak diproduksi ketiga di dunia. Tipe shrink wrap ini banyak digunakan untuk berbagai jenis aplikasi.

Sebelumnya, PVC merupakan material yang paling diminati untuk kebutuhan shrink wrapping. Tapi, beberapa tahun belakangan penggunaannya banyak digantikan oleh Polyolefin (POF). PVC banyak digunakan untuk packaging kotak, CD, DVD, kaleng-kaleng kecil, dan produk-produk non-makanan lain.

Kekuatan penyegelan dan masalah penyimpanan adalah masalah utama dalam penggunaan PVC untuk shrink wrapping. Bahan plastik PVC bisa berubah sifatnya saat menghadapi perubahan suhu yang cukup tinggi, baik panas maupun dingin.

Ini tentunya sangat mempengaruhi kekuatan packaging selama proses penyimpanan. Bahan PVC juga melepaskan sedikit hidrogen klorida ke udara dan meninggalkan jejak karbon.

Ini dapat dikenali dari baunya yang cukup menyengat saat proses pemanasan. Saking bahayanya, sampai dianjurkan melakukan proses pemanasan untuk shrink wrapping di area terbuka atau di ruangan yang memiliki ventilasi udara yang baik.

Karena kandungan kimia inilah, penggunaan PVC dalam packaging mulai banyak dikurangi. Sekarang, banyak pelaku industri yang beralih menggunakan POF atau PE.

Polyolefin (POF)

Polyolefin ini merupakan bahan yang sekarang banyak menjadi pilihan untuk packaging berbagai produk, baik yang tidak bisa dimakan ataupun yang bisa dimakan. Beberapa keuntungan menggunakan POF diantaranya adalah, tidak mengeluarkan bau saat proses pemanasan, perlindungan yang kuat, dan penyimpanan yang lebih fleksibel.

Bahan POF tidak mengandung klorin dan tidak melepaskan gas berbahaya seperti hidrogen klorida ke udara, sehingga cocok untuk packaging makanan. Perubahan suhu juga tidak mempengaruhi POF, sehingga tidak masalah disimpan dalam lingkungan bersuhu berapapun.

Bahan POF juga tidak mudah berembun dan berdebu, sehingga bisa menjaga produk tetap bersih dan terlihat jelas. POF banyak digunakan untuk berbagai jenis aplikasi seperti, mainan, perlengkapan olehraga, printed wrap, makanan, alat tulis, dll.

Biaya dan kebutuhan mesin merupakan dua poin penting yang menjadi kekurangan bahan Polyolefin. POF shrink wrap juga biasanya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan PVC, inilah alasan banyak orang masih memilih PVC.

Polyethylene (PE)

Polyethylene biasanya cocok digunakan untuk packaging benda-benda berat dan berukuran besar. PE shrink film biasanya digunakan dalam bentuk gulungan yang nantinya akan menggunakan mesin dalam penggunaannya untuk keperluan packaging.

Demi proses packaging yang lebih efisien, penggunaan polyethylene harus menggunakan mesin shrink bundling khusus. Mesin shrink bundling dengan shrink tunnel memiliki harga yang mahal, inilah salah satu kekurangan utama bahan PE.

Selain itu, Polyethylene juga memiliki shrink rate yang rendah, hanya sekitar 15% atau bahkan lebih rendah, sehingga butuh ekspos panas yang lebih lama untuk bisa sepenuhnya menyusut. Ini bisa sangat membahayakan bagi produk yang sensitif terhadap panas karena bisa ikut meleleh atau rusak selama proses pemanasan

baca juga

Salah satu yang terkenal menjual produk shrink film berkualitas tinggi dengan harga murah adalah Multi Kemas Plastindo (MKP). Perusahaan ini memiliki banyak jenis pilihan packaging lain seperti PE, POF, PVC, dan plastic packaging lainnya.

Alamat: Jl. Bahagia Permai 1 No.17. Kec. Buah Batu, Kota Bandung 40286, Jawa Barat

Phone: (022) 751 4190

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like