Shrink Film Biodegradable dan Plastik

Shrink Film Biodegradable

multikemasplastindo.com– Di tengah ancaman kerusakan lingkungan yang semakin mengkhawatirkan, penggunaan bahan plastik yang sulit terurai pun mulai perlahan dikurangi. Sebagai gantinya, banyak muncul bahan alternatif yang lebih mudah terurai di alam.

Dalam industri packaging sekarang muncul material shrink film yang biodegradable atau dapat terurai di alam. Bahan ini diklaim mampu terurai secara alami dengan bantuan bakteria atau mikroorganisme lain.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Shrink Film Biodegradable dan Plastik

Komposisi utama bahan shrink film biodegradable ini adalah air, karbon dioksida, dan biomass, bahkan ada yang terbuat dari tanaman. Tapi walaupun baik bagi lingkungan, bahan ini tetaplah memiliki beberapa kekurangan jika dibandingkan dengan bahan shrink film plastik yang biasanya digunakan.

Berikut adalah perbandingan kelebihan dan kekurangan antara bahan shrink film biodegradable vs plastik:

Kelebihan bahan biodegradable untuk shrink film

Tekstur material biodegradable ini sebenarnya terlihat dan terasa mirip dengan bahan plastik biasa, yang membedakan hanya komposisi dan kemampuannya untuk terurai. Bahan ini bisa terurai secara alami di alam.

Dibandingkan bahan plastik, tentunya bahan biodegradable ini akan jauh lebih cepat terurai. Bahan plastik bisa terurai dalam waktu jutaan tahun, dan akhirnya akan menjadi sampah yang mencemari aliran air, mulai dari sungai hingga laut.

Dengan hadirnya bahan biodegradable ini tentunya menjadi alternatif yang menjanjikan bagi para pelaku usaha yang memang berfokus untuk melestarikan lingkungan. Ini juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk para konsumen yang juga peduli lingkungan.

Kekurangan bahan biodegradable untuk shrink film

Baru ada sedikit perusahaan yang memproduksi bahan shrink film yang bersifat biodegradable ini. Sehingga pilihan yang tersedia hanya sedikit dan mungkin akan sulit untuk menemukan jenis packaging yang sesuai, selain itu harganya juga lebih mahal dibandingkan bahan shrink film plastik.

Lebih lanjut lagi, karena jumlahnya masih sedikit dan belum umum digunakan, kekuatan bahan biodegradable ini masih belum banyak terbukti. Masih belum pasti apakah kualitasnya akan sama dengan bahan plastik, baik dari segi kekuatan, daya tahan, tingkat kebeningan, dll.

Kelebihan bahan plastik untuk shrink film

Dibandingkan berbagai pilihan material flexible packaging lainnya, bahan plastik ini adalah termasuk yang paling ramah lingkungan, karena walaupun sulit terurai, bahan plastik ini masih bisa didaur ulang. Selain itu, plastik juga tidak banyak mengeluarkan emisi karbon, tidak seperti penggunaan bahan lain seperti kaca, besi, kain, kertas, kardus, dll.

Semua bahan plastik bisa didaur ulang, bahkan jika diolah dengan benar hasil daur ulang ini bisa menjadi sumber keuntungan lain bagi perusahaan.

Berbagai jenis bahan shrink film plastik seperti PVC, PE, dan POF juga merupakan bahan yang memang sudah terpercaya untuk material packaging. Sekarang, bahan-bahan ini sudah menjadi pilihan utama jutaan industri packaging di seluruh dunia.

baca juga

Kekurangan bahan plastik untuk shrink film

Walaupun sepenuhnya bisa didaur ulang, banyak orang yang masih belum mengetahui fakta ini. Sehingga ahkirnya plastik bekas packaging hanya dibuang saja dan berakhir mencemari lingkungan.

Lebih lanjut lagi, ada beberapa jenis produk yang tidak seharusnya menggunakan shrink film untuk packaging. Seperti misalnya, barang atau produk yang sensitif terhadap panas atau yang tidak tahan terhadap suhu tinggi saat proses packaging.

Salah satu yang terkenal menjual produk shrink film berkualitas tinggi dengan harga murah adalah Multi Kemas Plastindo (MKP). Perusahaan ini memiliki banyak jenis pilihan packaging seperti PE, POF, PVC, dan plastic packaging lainnya.

Alamat: Jl. Bahagia Permai 1 No.17. Kec. Buah Batu, Kota Bandung 40286, Jawa Barat

Phone: (022) 751 4190

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like