Kesalahan dalam Packaging

https://www.multikemasplastindo.com – Packaging merupakan salah satu poin penting dalam promosi produk. Packaging yang menarik bisa menarik hati konsumen untuk membeli, sebaliknya packaging yang salah bisa menjadi blunder dan menjauhkan calon pembeli.

Ada berbagai pilihan teknik, jenis, dan material packaging yang bisa dipilih, tapi belum tentu kesemuanya bisa berhasil memikat hati pembeli. Ada beberapa variasi packaging yang justru mendatangkan keluhan dari konsumen.

Berikut adalah beberapa kesalahan dalam packaging yang sebaiknya dihindari:

Tidak jelas

Tidak jelas di sini maksudnya adalah packaging tidak bisa menjelaskan apa jenis dan kegunaan produk di dalamnya. Kesalahan ini biasanya terjadi pada kemasan produk yang tertutup atau tidak transparan dan juga ilustrasi produk pada kemasan yang tidak jelas.

Jika tidak memiliki design packaging yang menarik, mungkin bisa dipertimbangkan untuk mengemas produk menggunakan plastik transparan sehingga langsung terlihat jenis produk. Ada berbagai teknik pengemasan plastik yang aman dan menarik, seperti stretch wrapping, shrink wrapping, atau vacuum packaging.

Bahan tidak ramah lingkungan

Setelah produk selesai digunakan biasanya packaging-nya tidak digunakan lagi. Material packaging yang tidak bisa terurai bisa menumpuk dan menjadi masalah lingkungan baru.

Sebagai solusinya, jika tidak bisa menggunakan material yang mudah terurai, mungkin bisa beralih menggunakan bahan yang bisa didaur ulang. Jangan lupa juga untuk menyertakan informasi daur ulang yang tepat pada kemasan produk.

Tidak original

Originalitas sangat penting di tengan persaingan dengan berbagai merek sejenis lainnya. Pembeli pasti langsung malas melihat lebih jauh jika dari kemasan saja produk sudah terlihat mirip dengan produk di sebelahnya.

Ada banyak cara untuk memberikan identitas yang jelas pada produk, bisa dengan memberikan bentuk packaging yang unik atau dengan memberikan label bergambar ilustrasi yang menarik. Untuk pilihan material packaging, bisa menggunakan shrink film yang bisa di-print dengan kualitas baik menggunakan gambar sesuai keinginan.

Tidak sesuai fungsi

Fungsi utama packaging adalah untuk melindungi produk dari kerusakan, karena itu jika produk di rak sudah terlihat penyok, sobek, atau bahkan terbuka, ini tentunya bisa menghilangkan minat konsumen untuk membeli. Kerusakan-kerusakan ini bisa terjadi karena salah pilih material packaging atau karena tidak kuatnya material yang dipilih menghadapi resiko pada saat pengiriman.

Salah satu material yang biasanya dipilih untuk pengamanan selama pengiriman adalah shrink film atau stretch film. Kedua jenis film ini memiliki daya tahan yang kuat terhadap berbagai resiko pengiriman seperti tusukan, cahaya matahari, dan material lain dari luar.

Packaging terlalu besar

Kesalahan ini bisa berarti memang ukuran packaging yang terlalu besar, ataupun isi produk di dalamnya yang terlalu sedikit. Beberapa komplain seputar hal ini biasanya datang dari konsumen produk makanan seperti snack.

Adanya udara atau ruang ekstra pada kemasan memang bisa melindungi produk dari berbagai kerusakan yang mungkin terjadi, tapi ini bisa merugikan citra perusahaan di mata pembeli yang tidak paham. Sebagai gantinya, mungkin bisa dipertimbangkan menggunakan plastik transparan supaya bisa terlihat jelas isi produk.

baca juga

Kemasan sulit dibuka

Konsumen yang membeli pasti ingin cepat-cepat membuka produk yang baru saja mereka beli, tapi jika produk tersebut “menolak” untuk dibuka, ini tentu saja bisa meningkatkan emosi mereka. Perusahaan perlu memikirkan packaging yang kuat tapi mudah dibuka oleh konsumen.

Salah satu yang bisa dijadikan pilihan adalah berbagai jenis plastic packaging fleksibel yang mudah dibuka seperti shrink film atau shrink bag.

Salah satu yang terkenal menjual produk stretch film dan shrink film berkualitas tinggi dengan harga murah adalah Multi Kemas Plastindo (MKP). Perusahaan ini memiliki banyak jenis pilihan packaging seperti PE, POF, PVC, dan plastic packaging lainnya.

Alamat: Jl. Bahagia Permai 1 No.17. Kec. Buah Batu, Kota Bandung 40286, Jawa Barat

Phone: (022) 751 4190

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like