Flexible Packaging dan Kegunaannya

multikemasplastindo.com Jika bicara kemasan, yang terpikirkan adalah berbagai jenis kemasan makanan, minuman atau produk-produk yang memerlukan wadah tertentu. Fungsi dari kemasan adalah untuk melindungi barang dan mempermudah barang untuk dibawa kemana saja.

Bentuk dan bahan kemasan juga terus berubah dari waktu ke waktu, mulai dari menggunakan dedaunan sebagai wadah hingga beragam bentuk kemasan dari bahan kertas dan plastik. Berkembangnya teknologi, kebutuhan gaya hidup dan mobilitas masyarakat yang sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain, serta daya konsumsi masyarakat menjadi alasan utama berkembangnya jenis-jenis kemasan, salah satunya adalah flexible packaging.

Apa Itu Flexible Packaging?

Disadur dari myedisi.com, Direktur Eksekutif Kemasan Indonesia, Ariana Susanti, menyatakan bahwa saat ini permintaan kemasan terbesar adalah Flexible Packaging dengan total penjualan sebesar 42%. Kemudian, diikuti dengan kemasan Paperboard Packaging sebesar 28%, Rigid Plastic Packaging sebesar 14%, Woven Polyolefin Sack sebesar 6%, Metal Can Packaging sebesar 5%, Glass Container Packaging sebesar 3% dan sisanya sebanyak 2%.

Selanjutnya beliau mengungkapkan bahwa flexible packaging menjadi jenis kemasan yang tercatat begitu tinggi pertumbuhannya dibandingkan jenis kemasan lainnya karena nilai ekonomis kemasan yang lebih banyak. Angka pertumbuhan tersebut juga dipengaruhi oleh meningkatnya permintaan dari Industri Kecil Menengah (IKM).

Tidak hanya fungsi, desain dari flexible packaging juga menjadi daya tarik utama semakin menjamurnya kebutuhan akan salah satu jenis kemasan ini. Visual dari suatu produk juga menjadi salah satu alasan konsumen untuk membeli suatu barang.

Flexible Packaging adalah jenis kemasan yang terbuat dari beberapa bahan, seperti Linier Low-Density Polyethylene (LLDPE), Nylon, PETm dan beberapa bahan lainnya. Flexible packaging bersifat lentur dan dapat dipadu padankan dengan bahan-bahan lainnya, seperti kertas, aluminium foil, metalizing, ataupun jenis plastik lain yang dapat dicetak dan direkatkan.

Karakteristik Flexible Packaging

Ciri unik dari flexible packaging adalah sifat kemasan yang fleksibel – dapat mengikuti bentuk produk yang dikemas di dalamnya, dapat direkatkan atau di seal, higienis, mudah dibawa kemana-mana, mudah dibuka, dapat diketahui isinya dan dapat dicetak dengan berbagai warna dan pola tanpa merusak atau merubah isi kemasan. Flexible packaging sangat mudah disimpan karena dapat menjaga kesegaran isi kemasan, dapat dilipat dan sangat hemat tempat.

Fungsi Flexible Packaging

Jenis kemasan ini termasuk dalam jenis multi layer, yakni tersusun dari berbagai lapisan bahan dengan beberapa fungsi, antara lain:

  • Melindungi isi kemasan dari cahaya matahari langsung yang dapat merubah rasa dan masa tahan isi kemasan.
  • Melindungi isi kemasan dari kontaminasi udara dan kelembaban.
  • Melindungi isi kemasan dari uap air yang dapat merubah rasa dan masa tahan isi kemasan.

Kegunaan dan Peruntukan Flexible Packaging

  1. Kemasan obat-obatan
  2. Kemasan mie instan
  3. Kemasan makanan ringan
  4. Label botol air mineral dan minuman isotonik (shrink label)
  5. Kemasan beras dengan berat 1, 2 dan 5 kilogram
  6. Kemasan minyak goreng dalam bentuk standing pouch
  7. Kemasan frozen dan vacuum food (makanan beku dan makanan yang divakum)

Komposisi Material Flexible Packaging

Sebagai jenis kemasan dengan multi layer, terdapat tiga layer utama penyusun flexible packaging. Antara lain:

  • Printing Layer

Lapisan printing layer harus mudah menyerap tinta yang digunakan sebagai pemberi warna dan pola kemasan agar terlihat lebih menarik, tahan panas atau memiliki titik leleh tinggi, permukaan halus dan rata dan dapat bertahan selama proses cetak.

Contoh bahan untuk printing layer adalah OPP, PET dan Ony.

  • Barrier Layer

Lapisan barrier layer harus tahan atau kedap terhadap kelembaban, air dan berbagai jenis gas agar tidak merusak bentuk, merusak rasa dan merusak daya tahan isi kemasan.

Contoh bahan untuk barrier layer adalah Aluminium Foil, PET, OPP, Ony, VmPET dan VmCPP.

  • Seal Layer

Lapisan seal layer harus tidak tahan panas atau memiliki titik leleh yang rendah, aman saat berkontak langsung dengan produk atau isi kemasan dan memiliki permukaan yang cukup halus.

Contoh bahan untuk seal layer adalah CPP, PP dan LDPE.

Dengan banyak kegunaan dan sangat menguntungkan untuk menjadi kemasan makanan dan minuman, telah banyak bermunculan produsen-produsen penghasil flexible packaging untuk berbagai macam kemasan, salah satunya adalah PT Ultra Prima Plast.

Apa Itu PT Ultra Prima Plast?

PT Ultra Prima Plast adalah salah satu produsen dari beberapa jenis plastik yang memiliki beberapa kegunaan, seperti Injection Blow Moulding, Plastik PVC atau PET Shrink Film dan Flexible Packaging.

Produk-produk dari PT Ultra Prima Plast telah berhasil mengikuti standar mutu dari berbagai perusahaan. Antara lain PT Energizer Indonesia, Energizer Malaysia, International Chemical Industry Co. LTD, dan lain-lain. Juga, PT Ultra Prima Plast telah meraih Sertifikat ISO 9001:2008 dan berhasil meningkatkan mutu mengikuti Sertifikat ISO 9001:2015, yakni standar internasional untuk manajemen mutu atau kualitas suatu produk.

Sebagai produsen, PT Ultra Prima Plast menyediakan berbagai macam produk dengan kualitas dan mutu tertinggi dan harga yang terjangkau bagi para konsumen. Selain itu, produk-produk dari PT Ultra Prima Plast juga dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan calon konsumen, terutama dalam bidang pengemasan produk makanan dan minuman agar terlihat lebih menarik.

PT Ultra Prima Plast bertempat di Jalan Daan Mogot KM. 16 Cengkareng, Semanan, Jakarta Barat 11850. Untuk mendapat informasi mengenai produk apa saja yang diproduksi, Anda dapat berkunjung ke akun LinkedIn, yakni PT Ultra Prima Plast dan di laman Facebook mereka . Anda juga dapat menghubungi narahubung di nomor (021) 6191988 – (021) 6199190 No. Ext: 110, 111, dan 114.

Produk-Produk PT Ultra Prima Plast

  1. Injection & Blow Moulding

Sebagai produsen Injection & Blow Moulding, PT Ultra Prima Plast telah memproduksi:

  • Helm
  • Sikat Gigi
  • Komponen Baterai
  • Botol Balsam
  • Botol Shampoo
  • Botol Minuman Kemasan
  • Vent Washer
  • Hanger Larutan Penyegar
  • Tutup Aerosol
  • Komponen Gas
  • Komponen Elektronik
  • Komponen Otomotif.

PT Ultra Prima Plast (UPP) mempunyai mesin-mesin injection, mulai dari kapasitas 100 ton hingga 450 ton. Selain itu, UPP juga menyediakan workshop untuk pemelihaaraan dan pembuatan mould.

baca juga

  • Plastik PVC Shrink Film

Untuk produk PVC Shrink Film, UPP telah memproduksi beberapa barang. Antara lain:

  • PVC Shrink Film bening dengan ukuran 22 mm – 850 mm
  • PVC Shrink Film berwarna dengan ukuran 22 mm – 170 mm

Produk PVC Shrink Film ini biasa digunakan untuk bandage promosi, segel, proteksi atau pelindung packing, dan lain-lain.

  • Flexible Packaging

Untuk produk flexible packaging, PT Ultra Prima Plast dapat memproduksi label, kemasan untuk makanan dan minuman dari berbagai bahan. Seperti PVC, PP, PO, PE, Alumunium Foil, dan PET.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like